Karang Taruna Kalteng Ditantang Jadi “Kiblat” Nasional

oleh
Ketua Karang Taruna Kalteng, Abdul Hafid saat memberikan plakat ke Plt Sekda Kalteng, sebagai kenang-kenangan

PALANGKA RAYA – Pengurus baru Karang Taruna Kalimantan Tengah periode 2017-2022, ditantang dapat menjadikan organisasi kepemudaan ini, sebagai barometer dan kiblat pembangunan dan pengembangan Karang Taruna di tanah air.

Tantangan itu disampaikan Ketua Karang Taruna Nasional Bidang Organisasi, Satria, dalam sambutannya saat acara pelantikan, di Aula Hotel Dandang Tingang Kota Palangka Raya, Jumat (06/10/17).

Selain itu juga Karang Taruna di Kalteng, diminta tetap bisa konsisten untuk bisa melahirkan anak muda berprestasi dan berbakat, yang berpotensi berkontribusi untuk pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan.

Keberadaan Karang Taruna di kelurahan akan menjadi parameter penting bagi kebangkitan Karang Taruna di Kalteng. Namun pembinaannya tidak hanya diserahkan ke Dinas Sosial, tetapi harus bersama-sama bersinergi, agar dapat menjadi ujung tombak pembangunan kesejahteraan sosial.

Ketua Karang Taruna Kalteng, Abdul Hafid, bertekad akan membawa pengurus baru, untuk terus berkomitmen agar Karang Taruna dapat selalu berjalan baik dan bekerjasama dengan seluruh stakeholder, sehingga persepsi yang selama ini keliru, bahwa Karang Taruna, hanya merupakan kewajiban Dinas Sosial, bisa terbantahkan.

Dengan mengangkat tema pelantikan, Karang Taruna membangun desa menuju Kalteng berkah, diharapkan keberadaan Karang Taruna di setiap desa, akan semakin tumbuh dengan adanya kebijakan program membangun desa dari pemerintah pusat.

“Selama ini Karang Taruna tergopoh-gopoh, karena adanya persepsi yang keliru, bahwa merupakan kewajiban Dinas Sosial. Padahal bukan hanya Dinas Sosial saja, tetapi intansi lain juga bisa menjadi pembina teknis,”tegasnya.

Ketua Demisioner Karang Taruna Kalteng, Aries M Narang, meminta pengurus baru bisa bekerjasama dengan mitra seluruh kepala dinas di seluruh kabupaten, sehingga visi dan misi kepala daerah bisa berkembang dengan baik.

Plt Sekda Kalteng, Mugeni, berharap pengurus baru, dapat memotivasi pemuda di desa agar lebih banyak berkarya dan membina Karang Taruna di daerah yang dinilai masih belum kelihatan geliatnya. (tva)