64 Peserta Daftar Jadi Panwascam Gunung Mas

oleh
Para pesertab saat mendaftar sebagai anggota panwascam

KUALA KURUN – Panitia Pengawas (Panwas) Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah membuka pendaftaran calon anggota Panwas Kecamatan se-Kabupaten Gumas, 23 September dan 3 Oktober lalu.

Selama dibukanya pendaftaran tersebut, sebanyak 64 orang mendaftarkan diri untuk menjadi anggota Panwaslu.

Ketua Panwas Kabupaten Gumas Walman Tristianto mengatakan, pihaknya membuka penerimaan berkas mulai 23-30 September, namun kemudian diperpanjang hingga 3 oktober.

“Kita melakukan seleksi berkas dulu. Hasilnya akan diterangkan pada hari Jumat (hari ini, red),”ungkapnya kepada B-ONETV, Jumat (06/10/17).

Berdasarkan berkas yang diterima oleh Panwas Kabupaten Gumas, semua Kecamatan memenuhi kuota pendaftaran calon anggota Panwascam. Dalam satu Kecamatan, minimal ada tiga orang yang mendaftar.

“Contohnya untuk Kecamatan Manuhing Raya dan Damang Batu dimana ada tiga orang yang mendaftar sebagai. Sedangkan calon anggota Panwascam yang paling banyak mendaftar adalah di Kecamatan Kurun dengan jumlah 12 orang,” terangnya.

Kemudian lanjut dia, setelah pengumuman Panwas Kabupaten Gumas akan menerima tanggapan dan masukan dari masyarakat. Hal itu bukannya tanpa sebab, dalam penerimaan Panwascam, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seperti tidak pernah menjadi anggota Partai Politik (parpol) dan lainnya.

“Bisa saja, orang-orang yang lolos seleksi berkas ternyata pernah menjadi anggota Parpol atau tidak memenuhi persyaratan lainnya,” pesannya.

Oleh sebab itu, kata dia, Panwas Kabupaten Gumas membuka pintu selebar-lebarnya jika masyarakat memberikan saran dan masukan terkait hasil seleksi berkas calon anggota Panwascam.

Untuk tes tertulis lanjutnya, akan dilakukan di Aula Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (BP3D) Kabupaten Gumas pada Minggu (08/10/17). Tepatnya pukul 10.00 WIB.

“Mengenai masalah soal tes, langsung dari Banwaslu Provinsi dan diawasi oleh tim Banwaslu Provinsi,” pungkasnya. (rol)