Wuiiiih, Desa Medan Mas Kuburaya, Panen 1 Ton Udang

oleh
Kelompok Budidaya Udang Desa Medan Mas Kuburaya, saat panen Udang Jenis Vannamei

KUBU RAYA – Hasil budidaya udang jenis Vannamei, yang merupakan dampingan SAMPAN Kalimantan, di Desa Medan Mas, Kecamatan Batu Ampar, Kubu Raya, Kalimantan Barat memberikan hasil yang luar biasa, dan menghasilkan sebanyak 1 ton udang.

“Target panen memang setiap tiga bulan sekali. Bibit yang ditebar dulu sebanyak 124 ribu, dengan luasan tambak mencapai 5 hektare,” ujar anggota SAMPAN Kalimantan, Karim, Kamis (05/10/17).

Karim menerangkan, jika panen tersebut menghasilkan udang 1 ton dengan menghabiskan pakan 650-700 kg rucah (ikan kecil dihaluskan). Untuk selanjutnya, hasil panen ini rencananya akan dipasarkan ke Pontianak.

“Melihat hasil panen positif, tentunya bentukan kelompok budidaya udang Desa Medan Mas akan terus dikembangkan agar berproduksi lebih banyak lagi,” ujarnya

Sedangkan, kedepan direncanakan, pengembangan budidaya udang tak hanya jenis Vannamei namun jenis udang lain yang miliki nilai jual dipasaran.

Lanjut Karim, berkaca dari hasil panen positif, tentu akan ada perbaikan ke depan. Sehingga dapat membuat masyarakat untuk yakin bahwa budidaya udang begitu menjanjikan, selain jualnya gampang waktu, panen juga terbilang cepat.

“SAMPAN punya komitmen melakukan pendampingan kepada kelompok budidaya udang. Tak hanya kelompok saja, sasarannya juga masyarakat perorangan guna meningkatkan perekonomian warga setempat dan dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat lain,” Katanya.

Sementara itu, salah seorang pemilik tambak udang, Busri menyebutkan, pemeliharaan udang Vannamei tak susah.

“Jenis udang ini tahan penyakit. Waktu budidaya juga relatif singkat namun cepat besar. Dan tambak yang dibuat pun masih sederhana, dan saat panen juga masih menggunakan alat manual semua,” pungkasnya. (Rilis/Budi)