Tambang Emas Ilegal di Katingan Masih Marak

oleh
Tambang emas ilegal

KATINGAN – Maraknya tambang emas ilegal di Jalan Baun Bango Kilometer 12  tepatnya di wilayah   Kereng Pangi, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah.

Kegiatan penambangan ini sudah terjadi bertahun-tahun, sehingga lebih kurang 300 unit mesin Dompeng yang saat ini bekerja di sekitar Kereng Pangi merusak alam dan mencemari lingkungan akibat dampak dari penambangan tersebut. Apalagi, Aktivitas tambang emas ilegal  di wilayah Katingan sudah terjadi dari turun temurun.

Salah seorang warga setempat, Ajis mengatakan, tambang emas  di wilayah Kereng Pangi sudah menjadi hal biasa, sehingga terkesan dibiarkan. Padahal dampaknya sangat besar terhadap lingkunga, mulai dari air keruh pekat , hingga alam di sekitar yang mengalami rusak parah.

“Apalagi yang mau ditingalkan untuk generasi kedepannya, jika alam nya sudah habis semua,” ungkap Ajis.

Dan hingga saat ini, lubang tambang emas ilegal  yang ada di wilayah Kereng Pangi  berjumlah 60 lubang dan 41 satu titik  diantaranya masih beraktivitas.

“Kami berharap, aparat penegak hukum segera melakukan  pemantauan dan melakukan penangkapan terhadap pelaku  tambang emas ilegal, karena tambang tersebut sudah bertahun-tahun, namun para penambangnya belum juga diamankan polisi,” pintanya. (br)