Peluncuran LPTSA Entikong Masih Tunggu Data Dukcapil

oleh
Perbatasan Entikong Kalimantan Barat

PONTIANAK – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), menjamin Lembaga Pelayanan Terpadu Satu Atap (LPTSA) di perbatasan Entikong Kabupaten Sanggau, akan diluncurkan awal tahun depan.

“Kami sudah menggelar pertemuan dengan Dewan Pengawas Ketenagakerjaan DPR RI di Kantor Gubernur kemaren, dan secara teknis, untuk mengoperasikan pelayanan di LPTSA tersebut, tinggal menunggu data kependudukan saja yang belum terkoneksi,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalbar, Sri Jumiadatin, Kamis (04/10/17).

Menurutnya, terdapat sejumlah persoalan yang tengah dihadapi dalam rencana operasional LPTSA di perbatasan Entikong Kabupaten Sanggau.

“Meskipun Lembaga Pelayanan Terpadu Satu Atap (LPTSA) entikong sudah dinaungi dengan Peraturan Gubernur. Namun, untuk operasional layanan yang akan mempermudah para calon TKI mengurus administrasinya itu, tinggal menunggu konektifitas data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil), yang saat ini masih belum terhubung,” katanya.

Dibagian lain, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Provinsi Kalbar Anthonius Rawing menyatakan, proses konektifitas data untuk memasok data ke LPTSA Entikong bisa dilakukan sepanjang ada surat permintaan dari BP3TKI ( Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia) sebagai penanggungjawab atau koordinator di LPTSA tersebut.

“Dukcapil memiliki dua jenis data yaitu data agregat dan data ware house. Dari dua data tersebut, hanya data agregat atau data kependudukan secara umum yang bisa diakses oleh pihak lain, sedangkan data where house yang sifatnya lebih private, tidak boleh diakses pihak lain, terkecuali sudah seizin Dirjen Dukcapil dan mekanisme pengambilan datanya yang dilakukan secara terpusat, dan hal ini dibenarkan oleh undang-undang serta aturan yang ada,” pungkasnya. (Budi)