Kelompok Tani Diminta Manfaatkan Bantuan ‘Alsintan’ dengan Baik

oleh
Bantuan alat mesin Pertanian

SAMBAS – Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Kecamatan Teluk Keramat (IMTEK) meminta kepada Kelompok Tani (Poktan) yang menerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan) agar memanfaatkannya dengan baik.

”Bantuan yang kita dapatkan ini patut kita syukuri. Untuk itu, kita berharap agar apa yang sudah diberikan pemerintah pusat dapat digunakan dan dimanfaatkan, sehingga mampu meningkatkan hasil pertanian,” kata Imbran, Kamis (05/10/17).

Menurut dia, dengan adanya bantuan alsintan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia Tahun Anggaran 2017 tersebut, pastinya akan mampu meningkatkan produktivitas pertanian, yang akhirnya berdampak pada meningkatnya penghasilan petani.

”Apa yang diberikan pemerintah pusat ini merupakan bentuk perhatian dan dukungan kepada kita dalam upaya meningkatkan produksi pertanian yang kita miliki,” katanya

Dia juga berharap petugas penyuluh lapangan (PPL) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) melakukan pengawasan, pendampingan, dan memberikan penyuluhan kepada petani, terutama yang menerima bantuan.

”Kami mengimbau instansi terkait selalu melakukan pendampingan dan pengawasan terhadap petani, sehingga alsintan yang diberikan benar-benar dimanfaatkan dengan baik,” ujarnya.

Dalam melakukan pendampingan, tambah dia, jangan sampai dilepas begitu saja. Dalam artian, setelah diserahkan, PPL harus selalu memberikan bimbingan dan arahan, sehingga bantuan itu manfaat besar bagi petani.
lebih lanjut imbran mengingatkan kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas supaya tegas terhadap kelompok tani yang tidak memanfaatkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dengan baik.

“Tujuan diberikan bantuan alsintan supaya petani bisa lebih produktif dan meningkatkan hasil produksi pertanian. Jadi, bila alsintan tidak dikelola dan dimanfaatkan dengan baik, harus ada tindakan tegas,” ujar imbran

Menurut Mahasiswa Fakultas Pertanian Untan itu, salah satu tindakan tegas yang bisa dilakukan yakni dengan menarik alsintan dari kelompok tani dan mengalihkan kepada kelompok tani yang benar-benar memanfaatkan alsintan. Hal itu, lanjut dia, agar bantuan dari pemerintah benar-benar bermanfaat dan ke depan mampu meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Sambas.

“Harapan kita produksi pertanian di daerah ini semakin meningkat sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Sambas ” cetusnya. (Andi)