Dua Pelaku Curanmor di Singkawang Diringkus Polisi, Ada Fakta Mencengangkan Dibalik Penangkapan

oleh
Kedua pelaku curanmor yang dibekuk Polisi

SINGKAWANG – Polres Singkawang kembali meringkus dua tersangka pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

“Kedua tersangka ini berinisial H alias KL (47) dan A alias AL (42),” kata Kasat Reskrim Polres Singkawang, AKP Michael Terry, Kamis (05/10/17).

Kata dia, kedua tersangka telah melakukan pencurian motor Yamaha Mio Soul GT KB 2779 YP warna hitam pada hari Selasa (03/10/17) Jalan Siaga Gang Karya.

Disamping mengamankan tersangka, pihaknya juga mengamankan barang bukti berupa 1 unit sepeda motor merk Yamaha Mio Soul warna hitam, 1 buah kunci palsu dan 2 buah plat sepeda motor yang dilepas.

Adapun kronologisnya, jelas Kasat, bahwa pada hari Selasa sekira pukul 23.00 WIB, pada saat korban sedang mandi ada tamu yang datang dan memanggil nama anak korban dari luar rumah. Selang berapa lama, kemudian korban membuka pintu namun tidak ada orang di luar.

Tapi alangkah terkejutnya korban, ketika melihat sepeda motor yang terparkir di teras samping rumahnya yang tidak terkunci stang itu sudah tidak ada diparkiran tersebut. Dan anak korban sempat melihat ada dua orang (KL dan AL) yang sedang membawa sepeda motor tersebut, kemudian anak korban langsung memberitahukan hal tersebut kepada ayahnya.

Mendapat laporan itu, korban langsung menghubungi via telpon kepada KL, namun tidak diangkat-angkat bahkan dimatikan oleh KL.

“Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp14 juta,” ujarnya.

Pada saat korban memberikan laporan, didapati bahwa KL mengirim SMS ke korban dengan bermaksud meminta uang tebusan untuk mengembalikan sepeda motor milik korban senilai Rp 2 juta melalui via HP.

Selanjutnya, anggota menyebar dan mencari informasi keberadaan KL. Dan sekira pukul 13.40 WIB, anggota mendapati informasi mengenai kediaman KL dan melakukan serangkaian penyelidikan di seputaran kediaman KL.

Pada saat penyelidikan, anggota sempat melihat KL lewat di Jalan Yohana Godang dan mampir ke Kantor Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat.

Selanjutnya, sekira pukul 14.00 WIB, anggota unit Buser langsung melakukan penangkapan kepada tersangka tepatnya di parkiran Kantor Kelurahan Pasiran.

“Saat diinterogasi, KL mengakui bahwa aksi pencurian tersebut dilakukannya bersama AL dengan cara mendorong sepeda motor tersebut ke arah jalan dan sepeda motor tersebut dihidupkan dengan kunci lain (palsu) karena kunci kontak motor tersebut sudah rusak (loss) dan motor tersebut dibawa oleh AL di kediamannya yang beralamat Jl Raya Sedau,” pungkasnya.(mizar).