Bersama Rakyat TNI Kuat, Bentuk Aplikasi Pertahanan Semesta

oleh
upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 Tentara Nasional Indonesia (TNI), di lapangan Sapta Marga Rindam XII/Tpr Singkawang, Kamis (05/10/17)

SINGKAWANG – Seluruh Prajurit dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 Tentara Nasional Indonesia (TNI), di lapangan Sapta Marga Rindam XII/Tpr Singkawang, Kamis (05/10/17).

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam amanat tertulis yang dibacakan Dan Rindam XII TPR Kolonel Infantri Chairul Anwar Mandailing mengatakan, penyelenggaraan HUT TNI pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan sedang dilaksanakan, khususnya pada tahun anggaran 2017.

Dengan tema “Bersama Rakyat TNI Kuat”, mengandung makna bahwa TNI tumbuh dan berkembang, serta berjuang bersama rakyat. Kekuatan TNI bersandar kepada rakyat, merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta bela Negara.

“Kedekatan dan kebersamaan TNI-Rakyat adalah inti dan pusat kekuatan (center of grafity) dari Sistem Pertahanan Semesta yang kita anut,” tuturnya.

Sementara itu pembangunan kekuatan TNI terus dilaksanakan dalam rangka menjaga kesinambungan pembangunan pada tahap sebelumnya guna pencapaian pembangunan Postur Ideal.

“Setiap prajurit dan ASN dituntut mengedepankan tugas dan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadi,” pintanya.

Sesuai hasil survei Center for Strategic and International Studies (CSIS), TNI merupakan institusi yang paling solid dan terpercaya.

“Ini merupakan hasil kerja estafet yang diukir pimpinan TNI dan Pejuang TNI yang dengan gigih dan sungguh-sungguh mereformasi TNI yang harus dipertahankan dan ditingkatkan,” pungkasnya. (Rilis/ Mizar)