Dorong Pembangunan Pertanian, 4 Titik Jalan Utama Desa di Kubu Raya Dibangun

oleh
Jalan Utama Tani di Kubu Raya

KUBU RAYA – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya terus berusaha dan berupaya meningkatkan produktifitas pertanian guna mendorong terwujudnya swasembada pangan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

“Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan membangun Jalan Usaha Tani,” ungkap Bupati Kubu Raya, Rusman Ali.

Dengan jalan Usaha Tani diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas dan produktifitas pertanian Kubu Raya dengan tersedianya infrastruktur yang memadai.

Menurutnya, dengan tersedianya infrastruktur pertanian yang memadai, maka akan dapat mendorong dan memotifasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas dan meningkatkan produktifitas pertanian, karena terpacu semangat dari tersedianya sarana pendorong dan penggerak, serta mobilitas masyarakat ke areal pertanian menjadi semakin dekat dan semakin mudah.

“Ini upaya yang kita lakukan dalam mendorong peningkatan kualitas dan produktifitas pertanian masyarakat kita dengan menyediakan sarana dan prasarana pendukung, salah satunya infrastruktur Jalan,” tuturnya.

Karena untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas pertanian, harus didukung juga dengan penyediaan infrastruktur.

“Dengan kehadiran jalan Usaha tani ini, akan semakin memudahkan masyarakat untuk mobilisasi masyarakat menuju lokasi pertanian, juga sekaligus mengangkut hasil pertanian dan kebutuhan-kebutuhan penunjang seperti pengangkutan pupuk dan lainnya,” ujar Rusman Ali.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kubu Raya, Gandhi Satyagraha, mengatakan, pada tahun 2017 ini Pemerintah daerah akan membangun sebanyak 4 titik jalan utama desa yaitu di Desa Tanjung Bunga, Kecamatan Teluk Pakedai, Desa Batu Ampar, Kecamatan Batu Ampar, Desa Kuala Mandor B, Kecamatan Kuala mandor B dan Desa Sungai Kakap, Kecamatan Sungai Kakap.

Gandhi juga mengatakan, jalan Usaha Tani sebagai sebuah solusi bagi masyarakat petani untuk menggerakkan, mendorong dan memobilisasi saprodi dan hasil pertanian dalam memudahkan petani untuk menggerakkan dari satu titik produksi ketitik distribusi. Sehingga dengan demikian diharapkan akan dapat meringankan akses para petani di Kubu Raya.

“Kita bangun empat titik jalan usaha tani bagi petani kita di Kubu Raya pada tahun 2017 ini. Program yang bersumber dari APBD tersebut kita harapkan menjadi jawaban bagi kemudahan akses dan mobilisasi masyarakat petani. Baik hasil pertanian dan kegiatan-kegiatan pertanian lainnya,” ujar Gandhi.

Kepala Desa Kuala Mandor B, Muhammad Ali mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah atas kegiatan pembangunan yang dilakukan kepada masyarakat Kubu Raya, khususnya di Desa Kuala Mandor B.

Ali mengatakan, dengan dibangunnya infrastruktur pendukung kegiatan pertanian masyarakat, ini sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat yang selama ini didambakan.

“Petani kami sangat bersyukur dengan dibangunnya jalan usaha tani ini, yang menghubungkan petani kami disini dari pemukiman warga menuju lokasi pertanian masyarakat. Ini sangat dibutuhkan petani kami disini. Mereka dating ke saya meminta sampaikan rasa syukur dan terimakasih mereka kepada pak Bupati, atas kepedulian dan perhatiannya  kepada kebutuhan petani,” terang Muhammad Ali. (Fsl)