TKA Asal Tiongkok yang Bekerja di PT CONCH Mempawah Sudah Bekerja 2 Bulan

oleh
TKA ilegal tiongkok yang diamankan Dit Pol Air Polda Kalbar

PONTIANAK – Kasi Tindak Polair Polda Kalbar, Kompol Dudung Setyawan, mengungkapkan, dari keterangan yang didapat sebagian besar Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok yang bekerja di PT CONCH (perusahaan semen) di Kabupaten Mempawah sudah bekerja selama dua bulan.

“Hasil dari keterangan Mursalin, koordinator tenaga kerja lapangan WNA yang sudah berada di PT CONCH, selama dua bulan sebanyak 33 orang, baru selama dua minggu sebanyak 12 orang, termasuk tiga orang pegawai selaku penerjemah,” katanya, Senin (02/10/17) malam.

Selain Mursalin kata Dudung, Davis Kontraktor PT. CONCH, pihaknya hanya menggunakan 2 orang TKA dan memiliki dokumen keimigrasian yang sah, namun dalam pembangunan tersebut juga melibatkan 2 perusahaan kontraktor lainnya PT KIAN dan PT. PORT Enginering membawa TKA lainnya.

“Salah satu karyawan perusahaan, jon yang bertanggungjawab terhadap dokumen penggunaan TKA, sedang melaksanakan cuti ke Batam, diperkirakan akan kembali sekitar 3- 4 hari mendatang,” imbuhnya.

Kompol Dudung menambahkan pada saat dilakukan penangkapan ada beberapa dari mereka yang berusaha melarikan diri. Saat ini puluhan TKA Ilegal tersebut telah diamankan di Mako Ditpol Air Polda Kalbar. (Andi)