Ophir Indonesia – PT. Pupuk Kaltim Tanam Investasi di Barut

oleh

MUARA TEWEH – Ophir Indonesia yang bergerak di bidang gas dan sudah mengeksploitasi energi di wilayah Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah, saat ini sudah dimanfaatkan untuk sumber listrik untuk wilayah Kalteng dan Kalsel.

Tidak cukup cuma gas yang dihasilkan, kini ophir Indonesia Bangkanai menggandeng PT. Pupuk Kaltim guna membangun pabrik di wilayah Barut.

Wakil bupati Barut, Drs. Ompie Herby saat melakukan pertemuan dengan manajemen Ophir dan PT. Pupuk Kaltim di aula Setda Kabupaten Barut,  Selasa (03/10/17) petang mengatakan, dengan masuknya perusahaan melakukan investasi di Kabupaten Barut, maka akan menimbulkan multiplier efect di tengah masyarakat.  Sehingga, Pemerintah Daerah akan memberikan kemudahan dalam perijinan.

“Masuknya investor akan menambah pemasukan dan pendapatan daerah. Hal ini juga digunakan dalam pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat,” tutur Ompie.

Presiden Ophir Indonesia Bangkanai, Anggoro Kuswanto mengatakan, Ophir  Indonesia merupakan salah satu perusahaan milik Inggris dimana telah bekerja di beberapa negara, salah satunya di Barut Kalteng.

“Kita memprioritaskan pembangunan energi di Kalteng, apalagi beberapa tahun belakangan sudah melakukan eksploitasi gas untuk PLN. Sehingga kedepannya akan melakukan kerja sama dengan PT. Pupuk Kaltim,” ungkapnya.

Untuk itu, Anggoro Kuswanto  berharap dengan masuknya beberapa investasi, pemerintah daerah bisa memberikan kemudahan terutama dalam perijinan. Karena bila perusahaan ini beroperasi, maka akan memberikan kontribusi yang sangat besar bagi daerah, serta warga masyarakat sekitar.

“Saat ini cadangan gas untuk Ophir Indonesia Bangkanai yang ada di Karendan, Kecamatan Lahei jumlahnya sangat besar. Selain itu perusahaan juga sedang mencari cadangan baru di wilayah sekitarnya,” pungkas Anggoro. (Ban)