Ditpolair Polda Kalbar Amankan 45 TKA Asal Tiongkok

oleh
TKA asal Tiongkok saat diamankan di Mako Ditpolair Polda Kalbar

PONTIANAK – Sebanyak 45 Tenaga Kerja Asing asal Tiongkok diamankan tim Libas Kapuas Gabungan Ditpolair, Ditintelkam dan Polres Mempawah,  Senin (02/10/17) sekitar 09.30 WIB.

Dir Polair Polda Kalbar,  Kombes Pol Fauzi Rasaf mengatakan, awal penangkaapan TKA ketika Dit Polair Polda Kalbar melakukan patroli di tepian sungai di lokasi PT CONCH (perusahaan semen)  di Desa Wajok KM 14, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Disana para TKA ini melakukan aktivitas pembangunan.

“Pada saat dimintai keterangan anggota Dit Polair, para pekerja tidak ada satupun yang dapat menjawab, lantas para TKA diminta berkumpul dan anggota meminta dokumen keimigrasian para TKA kepada PT. CONCH,” paparnya melalui pesan singkat, Senin malam.

Dari keterangan pihak PT. CONCH, lanjut Dudung, TKA yang memiliki dokumen keimigrasian hanya  tujuh orang, sedangkan yang lainnya masih dalam proses.

“Kemudian para TKA tersebut dibawa ke Mako Dit Polair untuk diamankan dan dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” terang dia.

Dijelaskannya, adapun jumlah Tenaga Kerja Asing yang diamankan ke Dit Polair berjumlah 46 orang, dua orang diantaranya perempuan.  Lima orang telah memiliki dokumen keimigrasian lengkap tentang Tenaga Kerja Asing.

“Sedangkan 41 orang masih dalam tahapan kepengurusan dokumen, kesemua Tenaga Kerja Asing tersebut merupakan WNA asal China,” ungkapnya. (Andi)