310 Warga Kota Baru Bakal Direlokasi

oleh
Ilustrasi - Banjir

KUALA KAPUAS  – Sebanyak 310 warga Kota Baru, Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, bakal direlokasi ke tempat yang baru, agar mereka tidak lagi merasakan banjir yang hampir terjadi setiap tahun di desa yang selalu terendam banjir.

“Usulannya sudah kita sampaikan Kementerian Sosial (Kemensos), dan kami juga sedang melengkapi persyaratannya seperti kartu keluarga dan kartu tanda penduduk warga di sana, karena sebagian ada yang harus diperbaharui,” ungkap Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas, Jaya di Kuala Kapuas, Selasa (03/10/17).

Sedangkan persyaratan lainnya seperti surat pernyataan tanah setiap kepala keluarga sudah dilengkapi dimana tanahnya merupakan pembagian dari tanah milik desa setempat.

“Untuk SP-nya sudah lengkap semua, karena lahan relokasi syaratnya harus benar-benar clean and clear,” terang Jaya.

Lantas, kapan relokasi ini direalisasikan? Menurut Jaya, pihaknya belum dapat memastikan kapan realisasinya, karena pemerintah pusat yang akan menentukan kapan realisasinya.

“Termasuk kita juga tidak tahu, berapa jumlahnya yang nanti disetujui untuk direlokasi. Harapan kita usulan 310 warga bisa direlokasi,” katanya.

Ratusan warga Kota Baru rencananya akan direlokasi ke daerah dataran tinggi yang lokasinya tidak jauh dari desa tersebut.

“Mereka akan direloaksi ke daerah atasnya atau bukit dan lokasi itu juga ada terdapat jalan yang sudah dibuat beberapa tahun lalu oleh Dinas PU,” terang Jaya.(Nad)