Siap-siap, Air di Muara Teweh Bakal Ngadat Pompa PDAM Rusak

oleh
Ilustrasi

MUARA TEWEH – Distribusi air bersih bagi masyarakat kota Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah bakal terganggu dikarenakan dua pompa penyedot air telah mengalami kerusakan.

Akibat dari kerusakan tersebut, hingga malam dan pagi ini air belum mengalir. Kendati mengalir tapi air yang mengalir kurang dari sebelumnya.

Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Barito Utara, Agus Surjanto kepada sejumlah awak media, Senin (02/10/17)
mengatakan, dengan rusaknya dua pompa tersebut, pendistribusian air kepada pelanggan mengalami pengurangan.

Menurut, dari lima pompa yang ada, sedangkan dua yang rusak, maka kapasitas air dari 145 liter perdetik, maka hanya bisa 120 liter saja. Akibat dari kerusakaan ini juga pendistribusian air dengan sistem bergiliran.

Dijelaskannya, saat ini pihaknya sudah koordinasi dengan bidang sumber daya air dinas provinsi. Hal ini tidak lain guna upaya perbaikan lebih lanjut, agar pendistribusian air normal kembali.

“Saya koordinasikan dengan sumber daya air untuk melakukan perbaikan lebih lanjut,” kata Agus Surjanto.

Kata dia, selama perbaikan maka diharapkan para pelanggan terutama saat air jalan dapat menampung untuk persediaan. Sebab PDAM selama melakukan perbaikan dengan pompa yang ada dilakukan secara bergiliran.

“Kita upayakan selama perbaikan operasional tetap jalan dengan sistem bergiliran,” kata dia.

Agus Surjanto juga menjelaskan, dengan adanya kerusakaan ini diharapkan masyarakat maklum terutama pelanggan yang ada di kota Muara Teweh dan sekitarnya.

“Perbaikan ini yang jelas memakan waktu beberapa hari. Sebab ini perlu dikoordinasikan dengan provinsi. Sebab, pompa yang ada hanya tinggal pasang,” pungkasnya. (Bani)