Hari Batik Nasional, Pelajar di Sekadau Kompak Gunakan Batik

oleh
Sejumlah pelajar di Sekadau yang menggunakan batik

SEKADAU – Ratusan pelajar dan guru SMA Karya Sekadau, Senin (02/10/17) pagi mengenakan batik dalam rangka Hari BatiTak seperti biasanya, ratusan pelajar dan guru SMA Karya Sekadau mengenakan batik, Senin (02/10/17). Batik digunakan tersebut dalam rangka memperingati hari batik nasional. Apalagi, batik merupakan warisan budaya yang sudah diakui dunia.

“Hal ini untuk memperkenalkan kepada anak-anak bahwa warisan budaya seperti batik harus dilestarikan,” ujar Sumardi, Kepala SMA Karya Sekadau.

Apalagi, kata dia, Indonesia pernah menghadapi berbagai tantangan bahkan ada negara yang mengakui budaya Indonesia. Untuk itu, kata dia, momentum hari batik nasional itu sekaligus mengenalkan kepada siswa tentang warisan budaya.

“Sangat sedih sekali kalau sempat budaya bangsa Indonesia diakui bangsa lain. Indonesia kaya budaya,” ucapnya.

Untuk itu, kata dia, momentum tersebut harus diperhatikan oleh para pelajar. Ia juga mengatakan, momentum hari batik nasional itu juga mengenalkan kepada siswa bahwa batik Indonesia harus dilestarikan.

“Batik yang digunakan itu ada berbagai macam corak. Bahkan, batik juga dikenakan tak hanya acara formal saja, tapi juga informal,” kata dia.

Untuk itu, kata dia, para pelajar juga harus bangga dengan kekayaan bangsa yang dimiliki. Bahkan, kata dia, kekayaan warisan budaya itu juga telah diakui dunia. “Namun yang paling penting adalah bagaimana menjaga dan melestarikan kekayaan warisan budaya yang dimiliki,” pungkasnya. (Yahya)