Dua Desa di HSU Endemik Wabah DBD

oleh

AMUNTAI – Enam warga dinyatakan positif mengidap Deman Berdarah Dengue (DBD), berasal dari Kecamatan Sungai Tabukan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan.

Pengelola program pencegahan DBD Dinas Kesehatan, Kabupaten HSU, Sigit mengungkapkan jika penyebab DBD ini adalah perubahan cuaca ekstrem dari musim kemarau ke penghujan.

“Kami bila ada laporan, akan ditindaklanjuti dan memerintahkan Puskemas untuk turun kelapangan langsung untuk pengecekan,” katanya ditemui, Senin (02/10/17).

Ia merincikan, di kecamatan Sungai Tabukan, ada dua desa yang menjadi endemik positif DBD, yakni desa Rantau Bujur Darat (RBD), dan Sungai Tabukan.

“Di kecamatan Banjang, kita ada mendapatkan laporan, namun masih dalam pemeriksaan, menunggu hasil laboratiorium,” katanya

Karena itu, untuk pencegahan, ia mengimbau agar menjaga kebersihan lingkungan rumah, selalu dibersihkan tempat sampah dan jangan menimbun. Usahakan kamar mandi selalu kering dan gunakan penyegar ruangan untuk pencegahan nyamuk masuk ke rumah.

“Bersihkan bak mandi, dan menabur abate agar jentik nyamuk mati, agar memasang kelamabu kalau mau tidur,” katanya (ysf)