60 Residen Ikuti Pasca Rehabilitasi di BNNK Balangan

oleh
Ilustrasi : Residen sedang menjalani pasca rehabilitasi

PARINGIN – Sebanyak 60 residen (pasien yang sudah ikut rehabilitasi) tahun 2016 lalu, kini tengah mengikuti layanan pasca rehabilitasi rawat jalan di Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK ) Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan.

Mereka harus menjalani berbagai tahapan guna terbebas dari pengaruh Narkoba seperti, terapi, family sport group dan seminar pengembangan diri.

Kepala BNNK Balangan, AKBP Abdul Muthalib mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan layanan pasca rehabilitasi ini merupakan lanjutan setelah pelaksanaan rehabilitas yang dilaksanakan selama 4 sampai 6 bulan.

“Dari 60 residen peserta pasca rehab ini, baru 15 orang sudah selesai dan sisanya masih menjalankannya,” ujar Abdul Muthalib saat press release BNNK Balangan, Senin (02/10/17).

Selain kegiatan rehabilitasi, lanjut mantan Wakapolres Balangan ini, seksi Berantas dan pencegahan juga dimaksimalkan.

Seksi berantas misalnya, kata Muthalib, beberapa waktu lalu melakukan giat razia bersama dengan polisi dan pemerintah daerah untuk meminilisir pengunan narkoba. Hasilnya, dalam razia yang dilaksanakan di Kabupaten HST dengan sasaran Warung Jablay, Cafe dan Taman Kota tersebut didapati 4 orang warga yang positif narkoba.

“Seksi pencegahan dan pemberdayaan masyarakat juga terus kami galakan,” tegasnya.

Salah satunya, ialah memberikan bimbingan teknis Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelab Narkoba (P4GN) bagi para kepala desa.

“Masalah narkoba ini merupakan musuh kita bersama, bukan hanya tugas BNN, Polisi ataupun Pemerintah, tapi tugas kita bersama. Untuk itu, mari kita berantas Narkoba demi kebaikan kehidupan kita dan generasi akan datang,” pungkasnya. (Sugianoor)