PHBI Sanggau Selenggerakan Gebyar Muharram

oleh
Ketua PHBI Kab Sanggau ketika menyerahkan Hadiah kepada Para Pemenang Lomba Pawai Takbir Busana Muslim

SANGGAU – Menyambut dan merayakan Tahun Baru Islam 1439 H, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, menggelar berbagai rangkaian kegiatan yang beratjuk ‘Gebyar Muharam’ dimana puncak acara dilaksanakan pada Sabtu (30/09/17) di Gedung Pertemuan Umum Sanggau.

Ketua PHBI  Kabupaten Sanggau, Drs. Hadi Sudibjo MM  mengatakan, 1 Muharam 1439 H dilaksanakan Pawai Ta’ruf dilanjutkan dengan Tabliq Akbar  dengan menampilkan Prof Dr  Din Syamsuddin, selaku Badan Penasehat MUI Pusat.

Selain itu, juga diadakan berbagai lomba yaitu Lomba Fashion Show Hijab Syar’I, Lomba Cerdas Cermat tingkat Sekolah Dasar/MIN dan Lomba Kue Halalan Thoyiban.

“Kegiatan lain yang juga dilaksanakan yaitu Lomba Takbir Mobil Hias, Lomba Pawai Takbir berbusana Muslim tingat Sekolah dan Umum,” tambahnya.

Menurut Hadi, berbagai kegiatan yang digelar mendapat apresiasi dan antusias luar biasa dari umat Muslim.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sanggau, Drs. H. M. Taufik dalam sambutannya mengatakan, peringatan tahun baru Hijriah untuk mengenang peristiwa Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari  Makkah ke Madinah.

“Ini dimaksudkan tentang bagaimana kita berpindah dari tempat yang kurang baik, ke tempat yang baik, sehingga dapat kita implementasikan untuk merubah hal hal yang tidak baik, menjadi baik. Kita juga harus meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT,” ungkapnya.

Pada peringatan Tahun Baru Islam ini, harus dimaknai dengan hati yang baru dan bersih, guna menjalin keharmonisan dan kerukunan antar umat beragama, antar organisasi kemasyarakatan dan kelompok, karena kerukunan Nasional sukses lantaran adanya kerukunan Intern umat beragama di suatu daerah.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemerinah Kabupaten Sanggau yang telah banyak mengakomodir PHBI,” ucapnya.

Bupati Sanggau yang diwakili Asisten Pembangunan dan Perekonimian, H. Rony Fauzan, MM mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sanggau sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada PHBI yang telah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan.

Semua ini tidak telepas dari Visi Misi Bupati Sanggau dalam mewujudkan Sanggau yang Berbudaya dan Beriman. Dan hal ini merupakan kontribusi besar kepada pemerintah dalam membangun umat.

“Kita berharap, kegiatan seperti ini dapat diselenggarakan di tahun-tahun mendatang, yang mungkin dapat melibatkan masyarakat lebih banyak lagi,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, dibagikan berbagai hadiah kepada para pemenang yaitu untuk lombaTakbir  Mobil Hias yaitu, Juara I Masjid Jami Sultan Ayub, juara II Pengajian Al Barkah, dan juara  ke III Mesjid An Nur Semboja.

Untuk Lomba Takbir Busana Muslim Tingkat SD yaitu Juara I Regu A SDN 02 Sanggau, Juara II Regu B SDN No 02 Sanggau dan Juara III SDN 08 Sanggau. Untuk tingkat SMP, Juara I MAN Sanggau, Juara  II MTS A dan juara ke III MTS B. Sementara kategori Umum, Juara I Pengajian Al Mukarromah, Juara II Pengajian Al Wardah dan juara III DWP Kemenag Sanggau.

Untuk lomba Fashion Show, Juara I  Venia Afissa SMAn 2 Sanggau, Juara II Salsabila BKMT Kapuas, dan juara III Putri Yolanda SMAN 2 Sanggau. Di kategori Cerdas Cermat, Juara I dan II MIN Teladan Sanggau, juara ke III Al Kahfi Sanggaub dan harapan Al Muhajirin Sosok. Sedangkan Kue halalan Toyiban yaitu Juara I Utusan Kecamatan Tayan Hilir, Juara II Pengajian Al Wardah dan juara ke III Kecamatan Kapuas A, serta juara harapan I Masjid Agung Almuawana Sanggau. (Tekam Hms)