Pemkot Palangka Raya Awasi Panti Asuhan

oleh
Walikota Palangka Raya, HM Riban Satia

PALANGKA RAYA – Untuk menghindari adanya eksploitasi ataupun kasus kekerasan maupun kasus lainnya terhadap anak-anak panti asuhan, Pemkot Palangka Raya dengan ketat mengawasi keberadaan panti asuhan di kota ini.

“Setiap bulan Dinas Sosial, Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama melaksanakan monitoring terhadap panti asuhan ataupun pondok yang ada,” tegas Walikota Palangka Raya, HM Riban Satia, usai kegiatan syiar Muharram 1439 Hijriyah, yang mengundang ratusan anak panti asuhan, di Aula Rumah Jabatan Walikota, Minggu (01/10/17).

Yang sangat dikhawatirkan Riban, jika ada pengelola panti yang melakukan ekploitasi terhadap anak-anak panti, hanya untuk mendapatkan keuntungan diri sendiri.

Namun dirinya bersyukur, karena hingga hari ini tidak ada informasi, terkait kekhawatirannya tersebut.

“Bahkan saya memastikan tidak ada satupun anak-anak panti yang putus sekolah,” tegasnya.

Menurut Riban, hal itu tak akan terjadi, jika panti asuhan menjalankan tugas sesuai dengan fungsinya, untuk menjaga dan mengasuh anak-anak yang dititipkan di sana.

Untuk itu Riban mengingatkan, agar pengelola panti asuhan dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan fungsi dan bisa memperlakukan anak asuhnya dengan layak. Jika tidak, maka izin panti asuhan ini, akan dicabut bahkan dapat ditutup. (TV)