Pelayanan Kurang Baik, Masyarakat Jangan Takut Lapor Ombudsman

oleh
Acara talkshow Hasupa Hasundau Ngorih Kopi, yang digagas Ombusman Perwakilan Kalteng, di Kopi Joss Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Apabila banyak pelayanan publik yang tidak baik, hendaknya masyarakat jangan takut untuk melaporkannya kepada Ombudsman, sehingga kedepan baik intansi, lembaga ataupun unit terkait, dapat memperbaiki pelayanan.

Untuk menyikapi hal tersebut, Ombudsman Perwakilan Kalteng mengemasmya dalam bentuk talkshow  Hasupa Hasundau Ngorih Kopi. Acara yang baru pertama kali digelar ini, dilaksanakan di Kopi Joss, Sabtu (30/09/17) malam.

Kali ini, Ombudsman mengundang narasumber mantan Wagub Kalteng, Achmad Diran, Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng, yang diwakili Rahmadi G Lentham, Kepala Dinas Pendidikan Kalteng, Slamet Winaryo, Irwasda Polda Kalteng, diwakili AKBP Jukiman Situmorang, Damang Pahandut, Marcos Tuwan.

Kepala Ombudsman Perwakilan Kalteng, Thoseng TT Asang, menyatakan, dengan adanya kegiatan tersebut, hendaknya masyarakat dapat lebih berani lagi mengadu ke Ombudsman, sehingga pihaknya akan mendorong untuk menindaklanjuti adanya pengaduan masyarakat dan di setiap instansi, unit ataupun kesatuan dapat melakukan perbaikan.

“Masih banyak pelayanan publik yang tidak baik yang harus dibenahi. Makanya kami mengajak masyarakat agar jangan takut untuk melaporkan setiap ada pelayanan yang tidak sesuai prosedur, agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan lebih baik,” ujarnya.

Kegiatan yang diprakarsai Ombudsman ini, tentu saja mendapat apresiasi dari semua pihak, tak terkecuali para narasumber.

Namun mantan Wagub Kalteng Achmad Diran berharap, acara itu dapat berlangsung berkesinambungan, sehingga makin hari pelayanan publik semakin baik.

Hal senada juga dikemukakan AKBP Jukiman Situmorang. Dengan begitu masyarakat akan dapat memberi saran atsupun kritik, yang takut melapor dan akan adanya feed back. Tetapi harus didukung data dan bukti sehingga dapat ditindaklanjuti. (TV)