Kasus Money Politic Sulit Dibuktikan

oleh
Ketua Panwaslih Kabupaten Kapuas, Iswahyudi Winowo

KUALA KAPUAS – Kasus money politic (politik uang) yang kerap terjadi pada kegiatan pemilu, baik itu pemilihan bupati/walikota, pemilihan gubernur, pemilihan presiden maupun pemilu legislatif, sulit untuk dibuktikan.

Pasalnya, antara pemberi dan penerima, sama-sama terkena sanksi pidana, sehingga tidak ada yang berani melapor.

Kendati ada pihak yang melapor, kebanyakan yang bersangkutan tidak mau dijadikan saksi sehingga kasusnya terhenti dan tidak dapat ditindaklanjuti.

“Dalam proses penanganan kasus politik uang, susah untuk dibuktikan. Kendati ada yang melapor, namun sang pelapor tidak mau menjadi saksi, sementara waktu penanganannya sangat singkat, yaitu hanya 5 hari saja,” papar Ketua Panwaslih Kabupaten Kapuas, Iswahyudi Winowo, Sabtu (30/09/17) di ruang kerjanya.

Lantaran waktu yang diberikan sangat singkat, membuat banyak kasus yang ditangani tidak sempat rampung karena waktunya habis.

“Tapi mau bagaimana lagi, undang-undangnya sudah mengatur demikian. Jadi mau tidak mau harus ditangani sesuai undang-undang yang ada,  sebab tidak mungkin menangangani yang tidak sesuai dengan regulasi yang ada,” jelasnya. (Nad)