Gambut Raya, Jangan Jadi Ajang Rebutan Kekuasaan

oleh
Wakil Ketua DPRD Banjar, Saidan Pahmi

MARTAPURA – Para pejuang pembentukan Kabupaten Gambut Raya, akan melaksanakan Musyawarah Besar ke 2 pada bulan Januari 2018 nanti. Hal ini merupakan bentuk keseriusan terjadinya pemisahan diri dari Kabupaten Banjar.

Salah satu pejuang yang berasal dari anggota legislatif di rumah Banjar kantor DPRD Banjar, Saidan Pahmi mengingatkan, semangat perjuangan ini harus didasari landasan yang kuat yaitu untuk membangun Kecamatan Gambut, Kecamatan Sungai Tabuk, Kecamatan Kertak Hanyar, Kecamatan Tatah Makmur, Kecamatan Aluh-aluh, dan Kecamatan Beruntung Baru lebih maju dan berkembang dalam semua sektor.

Wakil Ketua DPRD Banjar ini mengaku, tidak ingin pembentukan Kabupaten Gambut Raya nantinya hanya dijadikan sebagai ajang perebutan kekuasaan semata, yang tentunya justru akan menimbulkan sebuah perpecahan hingga berujung pada sikap dan perbuatan saling menjatuhkan satu sama lain.

“Saya tidak mau hal ini dijadikan ajang perebutan kekuasaan nantinya, semangat perjuangan ini harus tetap sama sampai seterusnya demi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Disinggung soal adanya moratorium pembentukan daerah baru dari pemerintah pusat, Saidan tidak menampik hal tersebut. Namun, moratorium ada masanya dan sengaja persiapan pembentukan Kabupaten Gambut Raya dilakukan dari sekarang.

“Sehingga pada saat moratorium dicabut oleh pemerintah pusat, Gambut Raya sudah siap untuk menjadi Kabupaten/kota ke 14 Provinsi Kalimantan Selatan,” jelasnya.

Bahkan dengan tegas Saidan mengatakan, moratorium tidak akan menyurutkan semangat perjuangan pembentukan Kabupaten Gambut Raya.

Saidan menambahkan, dirinya bersama para pejuang yang terlibat dalam pembentukan Kabupaten Gambut Raya, menargetkan pemisahan diri dari Kabupaten Banjar akan terlaksana pada tahun 2023.

“Target kami bersama, Kabupaten Gambut Raya akan terbentuk dan disahkan pemerintah pusat sebagai pemerintah kabupaten pemekaran baru pada tahun 2023 nanti,” pungkasnya. (pri)