Desa Sei Rahayu Jadi Pilot Project Budaya Hidup Sehat

oleh
Camat Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Hery Jon Setiawan saat diwawancara

MUARA TEWEH – Camat Teweh Tengah,  Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Hery Jon Setiawan mengatakan, Desa Sei Rahayu 1 menjadi pilot project pencanangan budaya hidup sehat. Percontohan tersebut sebagai upaya menjalankan program nasional yang sudah ditetapkan mengenai pentingnya buang air besar pada tempatnya.

Sebagai leading sektornya adalah Puskesmas Sei Rahayu 1, yang telah melaksanakan sosialisasi ke masyarakat, akan pentingnya membuat jamban atau wc sesuai dengan standar.

“Sosialisasi ini kita mulai di Desa Sei Rahayu. Kemudian berlanjut di kecamatan lainnya. Program ini sesuai dengan arahan dari pemerintah daerah,” ungkap Camat Teweh Tengah, Jon Setiawan, Sabtu (30/09/17).

Menurutnya, pola pikir masyarakat yang buang air besar seperti di sungai harus diubah. Sehingga, melalui sosialisasi ini diharapkan masyarakat dapat memahami pentingnya budaya hidup sehat sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Untuk mewujudkan hidup sehat tersebut, maka harus merubah pola hidup masyarakat, khususnya di wilayah perdesaan, agar buang air besar tidak lagi di sungai, melainkan di tempat yang sudah ditentukan,” pungkasnya.  (bani)