45 UPT di Kapuas Diusulkan Masuk Program Kota Terpadu Mandiri

oleh
Kadis Transmigrasi Kabupaten Kapuas

KUALA KAPUAS – Dinas Transmigrasi Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mengusulkan 45 UPT ke kementrian pusat. Selain itu, sebanyak 19 desa di sekitar UPT juga diikutkan dalam program Kota Terpadu Mandiri tersebut.

“Saat ini dari total 45 UPT yang telah masuk ke program KTM baru 22, sedangkan 23 lainnya masih belum masuk program. Tapi kita sudah mengusulkan sisanya, bersama dengan 19 desa di sekitar UPT,” kata Kepala Dinas Transmigrasi Kabupaten Kapuas, Sukiran di Kantor DPRD Kabupaten Kapuas, Sabtu(30/9/17) via ponselnya.

Dijelaskannya, untuk Kota Terpadu Mandiri pada tahun ini diperluas bagi tiap daerah, dengan syarat utama daerah harus membuat Rencana Kawasan Transmigrasi (RKT). Namun untuk pembangunan infrastruktur trasmigrasi di Kabupaten Kapuas belum ada untuk tahun 2017.

Semua, kata dia, masih dalam proses administrasi di kementrian pusat. Karena pengembangan daerah pada tahun 2017 sedikit berbeda, pemerintah tidak ingin setengah-setengah dalam melakukan pembinaan dan pengembangan.

“Tidak semua kabupaten, kota dan provinsi bisa membuat RKT, tahun ini progresnya berbeda dengan tahun yang lalu, dimana anggaran dibagi merata untuk transmigrasi. Sekarang mereka lebih fokus untuk membangun dan menyukseskan satu kawasan, dan Kabupaten Kapuas belum diperioritaskan oleh pusat di tahun ini. Tapi usulan sudah kita upayakan,” pungkasnya.(Nad)