Inalili, Sang Kepala Sekolah yang Penuh Terobosan

oleh
Inalili dan beberapa anak didiknya

PALANGKARAYA – Tak terbersit sedikitpun rasa menggelayuti Inalilii, saat dirinya pada 2015 lalu, dimutasi dari SDN Percobaan Palangka Raya ke SDN 5 Menteng Jalan Temanggung Tilung Palangka Raya.

Hal itu justru malah membuatnya termotivasi mencari terobosan agar membuat sekolah ini jauh lebih baik, sehingga butuh penanganan khusus.

Padahal SDN 5 Menteng, terletak di tengah kota. Tetapi sayangnya, tidak terawat dan sangat gersang, sehingga kurang diminati masyarakat. Memang tak mudah, mengubah mindset. Tapi jika guru dan dirinya bisa memberikan contoh pastilah anak-anak dapat mengikuti.

“Ya seperti biasa, tangan ini gatal kalau tidak bekerja. Tapi harus didukung oleh teman-teman tidak bisa bekerja sendiri-sendiri tapi harus ada kerja tim. Alhamdulillah akhirnya program dapat tercapai sedikit-dikit dari visi dan misi kita,”kata Kepala SDN 5 Menteng ini, di Palangka Raya, Jumat (29/7/17).

Diakui Inalili, memang awalnya sekolah ini sangat gersang, sarana prasarana sangat kurang, begitu juga ekstra kurikuler sangat sedikit. Namun dirinya tak pernah putus asa. Dengan pengalamannya memimpin SD favorit, kemudian diterapkannya di SDN ini.

Terpenting, untuk melakukannya, dibutuhkan kerjasama dari seluruh warga sekolah khususnya dukungan orang tua murid, yang menginginkan sekolah tempat anaknya menuntut ilmu dapat maju seperti sekolah lainnya.

Berbagai terobosan pun langsungĀ  dilakukannya, seperti mencari mitra kerja yang mau membantu dalam pendanaan. Pasalnya tidak mungkin hanya mengandalkan dana BOS saja. Apalagi peserta didik di sekolah ini, 40 persen berasal dari kalangan keluarga menengah ke bawah.

“Setiap kali saya dipindah dari satu sekolah ke sekolah lain, mimpi saya sebagai kepala sekolah, agar anak-anak dapat merasa keamanan dan kenyamanan. Begitu juga guru-guru tidak mengajar tanpa keterpaksaan. Caranya yakni dengan menciptakan lingkungan yang nyaman, bersih dan rindang,” ujarnya.

Tata Usaha SDN 5 Menteng Palangka Raya, Ista Agustina dan sejumlah siswa kelas VI, mengakui sejak Inalili menjadi kepala SDN 5 Menteng, sekolah ini banyak kemajuan.(TV)