Anggaran Jampersal bagi Bidan Kapuas Kemana Ya…?

oleh
Ahmad Baihaqi

KUALA KAPUAS – Anggota DPRD Kabupaten Kapuas dari Fraksi Kebangkitan Bangsa, Ahmad Baihaqi mempertanyakan kemana anggaran Jaminan Persalinan (Jampersal) tahun 2017 yang telah disalurkan.

“Sesuai DIPA Pemerintah Kabupaten Kapuas teralokasi Rp3,5 miliar kenapa tidak tersalurkan kepada yang berhak menerima, kemana anggaran tersebut,” kata Baihaqi, Jumat (29/09/17).

Mereka para bidan, lanjutnya, sudah melakuan tugas kemanusiaan dengan melakukan pertolongan bersalin (melahirkan) bagi masyarakat miskin, dan telah diatur bahwa akan mendapatkan hak atas pekerjaan mereka yang sudah dilakukan.

“Memberikan pertolongan bersalin dilakukan tidak kenal waktu dan kapan, terkadang orang lain dengan nyaman istrahat tidur, para bidan bekerja menolong persalinan,” ujar Baihaqi.

Sebagaimana diketahui bahwa SOPD dituntut aturan penyerapan anggaran setiap tahun anggaran berlangsung, jadi terkait dengan diduga belum terbayarnya hak bidan yang tertuang dalam kemasan Jampersal APBD kenapa dibiarkan.

“Tupoksi SOPD ini menjadi tanggungjawab Dinas Teknisnya agar segera menyalurkan dana Jampersal yang menjadi hak bidan sesuai dengan aturan mengaturnya,” pungkas dia. (Nad)