Explore Wisata Kayong, ENJ Kalbar dengan Dinas Pariwisata Kayong Utara

oleh

KAYONG UTARA – Rangkaian kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) 2017 jalur Kalimantan Barat masih berlangsung.

Selain mengabdi kepada masyarakat dalam bidang kesehatan, lingkungan, dan pendidikan di Tanjung Satai Kepulauan Maya, tim ENJ Kalbar melanjutkan exsplore pariwisata di Sukadana, Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Agenda ini untuk mempromosikan pariwisata yang ada di Sukadana. Demi berlangsungnya dengan baik, ENJ Kalbar jalin kerjasama dengan Dinas Pemuda, olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kayong Utara.

Ari Hartyan, selaku kasi pariwisata mengatakan ada beberapa wisata andalan Kayong Utara. “Ada 3 unggulan pariwisata Kayong Utara yaitu Gunung Palung, Kepulauan Karimata dan Pantai Pulau Datok,” ungkapnya.

Ia berharap dengan adanya program exsplore pariwisata ini dapat meningkatkan daya tarik wisatawan.

Hal senada diungkapkan oleh Mas Yuliandi, Kadisporapar. Menurutnya, promosi pariwisata Kayong sudah sering dilakukan dan bekerjasama dengan banyak pihak. “Promosi sudah sangat sering dan bahkan dengan cukup kerja keras serta perjuangan promosi pariwisata akhirnya dilakukan Sail Karimata tahun lalu,” jelasnya.

Namun, tim ENJ tidak dapat menexsplore semua aset wisata yang menjadi unggulan, hal ini karena pengaruh cuaca serta waktu yang tidak banyak sehingga hanya dapat menjelajah sekitaran Sukadana.

Adapun tempat yang dikunjungi adalah Bukit Mendale, Bukit Begentar, Air Pauh, Hutan Mangrove, Pantai Pasir Mayang, serta Pantai Pulau Datok.

Disporapar Kayong Utara pun memfasilitasi tim ENJ untuk exsplore dan mengirimkan komunitas Exsplore Kayong Utara sebagai pendamping kunjungan ke berbagai tempat wisata tersebut.

Tempat yang dikunjungi ini akan dipublikasikan oleh tim ENJ Kalbar di sosial media dan berbagai media massa. (fsl)