49 Wartawan di Kalteng Jalani Uji Kompetensi

oleh
Suasana sebelum pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Hotel Nascar Palangka Raya

PALANGKARAYA – Sebanyak 49 wartawan yang tergabung Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Tengah, selama dua hari sejak dua hari dari 28-29 September akan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW), di Aula Hotel Nascar Palangka Raya.

Tujuh penguji yakni Noeh Hatumena, Djunaedy Tjunti, Kamsul Hasan, Suherlan, Fathurrahman, Ratna Sari Dewi dan Lili Irianti Mala, akan menguji 35 wartawan yang mengikuti UKW muda, 7 madya dan 7 utama.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng, H Sutransyah, mengatakan, PWI kali ini merupakan pelaksanaan yang ke-9 kalinya. Dari total 560 anggota PWI baik dari media cetak maupun elektronik, 65 persen sudah mengikuti UKW.

Selain di Kota Palangka Raya, UKW juga pernah dilaksanakan di Kabupaten Kotawaringin Timur, Barito Utara dan Kapuas.

Sutran menjelaskan, UKW merupakan kompetensi kemampuan yang harus dimiliki wartawan untuk mencapai kinerja yang dipersyaratkan.

Selain itu menjadi rumusan kerja wartawan yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, maupun keahlian, serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas kewartawanan.

UKW muda diperuntukkan bagi para reporter, madya untuk level redaktur dan utama untuk jajaran redaktur pelaksana hingga pimpinan redaksi. (TV)