Kartius Akui Pariwisata Kalbar Belum Dikelola dengan Baik

oleh
Kartius

PONTIANAK – Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalimantan Barat mengakui, jika berbagai potensi pariwisata di daerah ini belum dikelola dengan baik.

Sebab Dalam satu tahun saja, kunjungan wisatawan khususnya dari mancanegara hanya tercatat berjumlah 40-60 ribu orang saja.

“Masalah infrastruktur dasar dan pendukung lainnya, masih menjadi penghambat optimalisasi pengelolaan sektor pariwisata di daerah ini,” ujar Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Kadisporapar) provinsi Kalbar Kartius, Rabu (27/09/17).

Padahal menurutnya, potensi wisata di provinsi Kalimantan Barat sangat banyak, misalnya saja wisata kuliner, budaya, religi dan termasuk wisata alam.

“Namun, karena keterbatasan infrastruktur dasar seperti jalan, serta fasilitas di sekitaran objek wisata, berakibat sulitnya membangun sektor pariwisata, agar menjadi sektor unggulan dan menghasilkan pendapatan bagi daerah serta masyarakatnya,” keluhnya.

Mengingat pembangunan sektor kepariwisataan menjadi pekerjaan yang cukup berat, Kartius pun meminta dinas terkait di kabupaten dan kota untuk mendata potensi wisata di daerah mereka. Setelah itu, dari objek wisata yang ada, kabupaten dan kota masing-masing, memilih dua objek wisata yang kemudian ditetapkan menjadi objek wisata unggulan.

“Objek wisata unggulan itu, nantinya akan menjadi skala prioritas untuk dibangun, misalnya dengan menyediakan fasilitas penginapan sampai dengan membangun sumber daya manusia di sekitar objek wisata tersebut, agar mau membuka diri dan menerima tamu dengan perlakukan yang baik,” pungkasnya. (Budiman)