HBS Ajak Nobar Film G30S/PKI

oleh
Ketua Himpunan Balakar Saijaan Kabupaten Kotabaru, H Rusian Ahmadi Jaya

KOTABARU –  Sebanyak 36 komunitas barisan pemadam kebakaran tergabung dalam Himpunan Balakar Saijaan (HBS) Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, mengagendakan nonton bareng film G30S/PKI yang rencananya akan dihadiri ratusan orang ditambah kalangan pelajar.

Ketua HBS Kabupaten Kotabaru, H. Rusian Ahmadi Jaya menjelaskan, dengan diputarkannya kembali film tersebut, tentunya masyarakat khususnya di Kotabaru bisa mengenang kembali peristiwa kelam yang pernah terjadi Indonesia.

“Rencananya malam 30 September nanti, ada 3 lokasi yang dijadikan tempat nobar diantaranya, di kawasan komplek SDN Dirgahayu Desa Dirgahayu oleh HBS. Kemudian, di lapangan Siring Laut akan dilaksanakan jajaran Kodim 1004 dan di Makolanal yang berada di Desa Stagen,” ungkapnya yang juga sebagai PNS di salah satu instansi dan aktif di beberapa organisasi.

Sementara HBS sendiri akan bekerjasama dengan Kodim 1004, Koramil setempat dan pihak Dinas Informasi dan Komunikasi (Infokom) Kabupaten Kotabaru serta pihak lainnya.

“Alhamdulillah, peralatannya difasilitasi Infokom, bahkan kami juga dibantu pendanaan untuk keperluan menjelang nonton bareng tersebut,” tambahnya.

Tidak hanya itu saja, pihaknya juga telah memesan stiker merah putih dengan lambang garuda yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat yang ikut nonton bareng. Namun, sebelum pemutaran film digelar, peserta diminta untuk bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, agar lebih semangat dan diharapkan bisa memaknainya dengan baik.

“Kita tidak boleh lupa akan sejarah dan peristiwa G30S/PKI. Saya berharap dengan pemutaran film tersebut, kita lebih bisa menghargai sejarah, serta mampu menjadikan pelajaran yang baik bagi kehidupan dimasa sekarang. Selain itu, kita juga memakai layar tancap yang secara tidak langsung mengingatkan kita akan masa-masa dahulu,” jelasnya.

Senada dengan itu, salah seorang warga, Masrani saat dimintai komentarnya menyatakan, dengan nonton bareng yang dilaksanakan HBS, dinilai sangat baik sekali. Karena bukan hanya bisa mengenang kembali akan sejarah, namun juga bisa lebih meningkatkan tali persaudaraan.

“Kan yang akan nobar ratusan orang, menjadi harapan bersama kita bisa memetik nilai sejarahnya, serta pastinya juga lebih meningkatkan lagi persaudaraan yang selama ini terbangun dengan sangat baik di Kabupaten Kotabaru ini,” ucap Masrani. (Yh)