Dalami GIS untuk Mengelola Kawasan Hutan

oleh
Sosialisasi kawasan hutan

PONTIANAK – Konsep pengelolaan hutan melalui Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) tak lepas dari tenaga pengelola atau pendampingya.

Maka untuk meningkatkan kualitas tenaga pengelola Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat dan FORCLIME-TC mengadakan sosialisasi pengetahuan tenaga pengelola terkait GIS.

Jumtani Koordinator FORCLIME Kalimantan Barat mengatakan, KPH merupakan unit pengelolaan hutan yang bekerja di tingkat tapak dan bekerja langsung dengan masyarakat. Beberapa staf KPH harus memiliki kompetensi dan keterampilan tentang GIS, oleh karena itu mereka akan melakukan analisis, pemetaan, penyusunan perencanaan dan membuat peta kerja KPH. data spasial merupakan salah satu komponen data yang harus disediakan dalam rencana pengelolaan KPH

“GIS merupakan satu tools yang digunakan untuk melakukan analisis data spasial dan data ini akan dipergunakan untuk mendukung dalam penyusunan perencanaan dan monitoring wilayah KPH,” kata Jumtani Rabu (27/9/2017)

Personel KPH lanjut Jumatni, harus memahami pronsip GIS dan bagaimana mengelola data menggunakan tools GIS untuk melakukan analisis dan melakukan prosesing data dari lapangan.

Ke depan, diharapkan dari pengelolaan hutan dengan konsep Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) yang dilakukan di tingkat tapak ini dapat mengurangi resolusi konflik antara masyarakat dengan pemerintah serta koorporasi. (Paul)