Tiga Kelurahan di Kapuas Lakukan Pemetaan

oleh
Jainal Arifin Lurah Selat Hulu

KUALA KAPUAS– Tiga kelurahan di wilayah kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah melakukan pemetaan RT.

Tiga Kelurahan yang melakukan pemetaan masing-masing kelurahan Selat Hulu, Selat Dalam Dan Keluarahan Panamas. Tujuan kegiatan pemetaan ini tidak lain adalah untuk memudahkan dalan penetaan tata ruang kota kecamatan dan kabupaten Kapuas.

Di samping itu kegiatan ini juga sangat membantu bagi BPN dalam melakukan pengukuran tanah yang akan disertifikatkan. Selain itu kegiatan juga sangat membantu  pemkab Kapuas dalam melakukan pemetaan wilayah kabupaten.

Wilayah kelurahan Selat Hulu terdiri dari 32 RT namun batas dari masing-masing RT masih belum ada sehingga perlu dilakukan pemetaan tata batasnya.

Jainal Arifin Lurah Selat Hulu menjelaskan, pemetaan antar RT ini perlu dilakukan agar batas masing-masing RT menjadi jelas aehingga memudahkan pwmeeintah dalan menata tata ruang kota.

“Untuk triwulan pertama ini hanya ada tiga kelurahan yang melakukan pemetaan RT ini, masing-masing kelurahan Selat Hulu, Selat Dalam dan Kelurahan Panamas,” sebut Jainal, Selasa (26/09/17).

Dikatakan dia, pemataan memang dilakukan mulai dari yang terbawah yaitu tingkat RT kemudian dilanjutkan ke tingkat kelurahan dan desa kemudian tingkat kecamatan dan dilanjutkan ke tingkat kabupaten.

Setelah semua jenjang dilakukan  pemetaan baru pemerintah dapat melakukan tata ruang kota sesuai dengan hasil pemetaan ke jenjang yang sudah dilakukan.

“Pekerjaan pemetaan RT ini dilakukan oleh mahasiswa Unlam yang sudah bekerjasama dengan pemkab Kapuas sejak beberapa tahun terakhi,” pungkas dia. (Nad)