PDIP Hampir Pasti Usung Aries pada Pilwakot Palangka Raya

oleh
Fredy Ering, Sekjen DPD PDI Perjuangan Kalteng

PALANGKA RAYA – Walaupun masih belum ada keputusan resmi dari DPP PDI Perjuangan, siapa nantinya bakal calon (bacalon) Wali kota Palangka Raya yang akan diusung dari partai berlambang banteng moncong putih ini, tetapi secara tersirat, sudah hampir dipastikan dukungan diberikan kepada Aries M Narang.

Selain Aries M Narang, Tuti Dau, Jhon Krisli dan Sipet Hermanto, juga dipanggil beberapa waktu oleh DPP PDI Perjuangan, untuk ikut uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Jakarta.

“Kita sudah melakukan dengan obyektif, demokratis dan transparan. Tapi penilaian kami dan berdasarkan pataokan utama hasil survei di kota kan Pak Aries. Elektabilitas dan popularitas tinggi. Jadi bisa dikira-kita mana yang lolos, ” kata Sekjen DPD PDI Perjuangan Kalteng, Fredy Ering, di Palangka Raya, Selasa (26/9/17).

Dijelaskan Anggota DPRD Kalteng ini, selain berpijak dari hasil survei, Aries juga merupakan kader dari PDI Perjuangan. Pasalnya dari hasil Rakernas, harus memprioritaskan kader terlebih dulu, untuk diusung menjadi bacalon kepala daerah.

Sedangkan untuk bacalon wakil wali kota, yang akan mendampingi, jika yang ditetapkan sebagai bacalon wali kota tanpa pasangan, mekanismenya diserahkan kepada partai untuk memilih. Bisa juga bacalon wali kota, mengajukan figur pendamping siapa yang mau diusulkan, setelah dilakukan survei versi PDI Perjuangan.

Berbeda halnya, jika yang diusung sebagai bacalon wali kota, saat mendaftar sudah ada pasangannya, sehingga tidak perlu mencari pasangannya lagi.

“Hasil akan diketahui November mendatang, sedangkan deklarasi Desember. Mudah-mudahan hasilnya akan cepat diketahui bulan Oktober. Jadi tidak ada lagi istilah last minute,”ujarnya.(TV)