BKKBN Terus Beri Layanan KB Gratis

oleh

PALANGKARAYA – Dalam rangka memperingati hari kontrasepsi sedunia, perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Tengah (Kalteng), bekerja sama dengan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) dan Persit Kartika Chandra Kirana cabang XLII Kodim 1016 Koorcab Korem 102 PDXII Tanjung Pura menggelar pelayanan KB gratis dan pap smear serta deteksi dini kanker payudara.

Puluhan ibu-ibu Persit Kartika Candra Kirana Kodim 1016 Palangka Raya, dilibatkan sebagai peserta kegiatan tersebut, yang diselenggarakan di Puskesmas Pahandut Palangka Raya, Selasa (26/9/17).

Ketua Persit Kartika Candra Kirana XLII Kodim 1016 Palangka Raya, PutriAlfius Navirinda, sangat menyambut baik adanya kegiatan tersebut.

Hal senada juga dikemukakan Kepala Dinas Pengendalian KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kota Palangka Raya, dr Tiur Simatupang. Dengan deteksi dini, dapat melakukan pencegahan terhadap kanker serviks dan payudara, sehingga diharapkan tidak ada lagi wanita yang menderita penyakit yang menyebabkan penyebab kematian kedua.

Tiur juga mengatakan, untuk di Kota Palangka Raya, pil merupakan kontrasepsi yang paling diminati. Padahal pihaknya sangat berharap lebih kontrasepsi jangka panjang yakni implan, IUD, tubektomi dan vasektomi.

Tetapi sayang, untuk kontrasepsi vasektomi, masih kurang kesadaran kaum pria untuk mengikuti program KB. Vasektomi merupakan prosedur yang sangat efektif untuk mencegah terjadinya kehamilan karena bersifat permanen.

Sementara itu Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Kalimantan Tengah, Kusnadi
menyatakan pelayanan KB gratis ini berlangsung dari 28 Agustus sampai 26 September. Ia mengaku bersyukur, animo masyarakat di Palangka Raya untuk menjadi peserta KB ini sangat tinggi, dengan pencapaian diatas 75 persen

Ia berharap kedepan tidak hanya menggunakan alat kontrasepsi yang jangka pendek saja tetapi juga menggunakan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) seperti Inplan, IUD, MOW dan MOP.

Pasalnya MKJP masa pakai 3 tahun jadi tidak repot untuk minum pil setiap hari, suntik setiap tiga bulan sekali. Sementara kontrasepsi apa lagi untuk IUD itu 5-10 tahun. (TV)