Top 40 Pelayanan Terbaik Nasional, Syaiful Tingkatkan Pelayanan “Patuh Selam”

oleh
Lurah Selat Dalam, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Syaiful Fadjri

KUALA KAPUAS – Lurah Selat Dalam, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Syaiful Fadjri akan terus mengupayakan peningkatan pelayanan di Kelurahan Selat Dalam, dengan program Pelayanan Administrasi Terpadu Kelurahan Selat Dalam (Patuh Selam).

Pelayanan Patuh Selam tersebut telah mencuri perhatian orang nomor satu di Kapuas, yaitu Bupati Kapuas, Ir. Ben Brahim S Bahat, MM. MT dengan meraih prestasi sebagai Top 40 Seleksi Penyelanggaraan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) 2017 yang langsung diserahkan Presiden RI Joko Widodo dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Tidak hanya puas sampai disitu, pihaknya sudah melakukan kerjasama dengan Politeknik Negri Banjarmasin untuk meningkatkan kualitas pelayanan Simpatuh Selam tersebut menjadi berbasis online.

“Jadi nantinya kalau program ini disetujui dalam pembahasan perubahan anggaran, maka pelayanannya di saat masyarakat akan mendaftar cukup melalui ponselnya saja, kita akan luncurkan pelayanan berbasis online,” ungkap Syaiful, Senin (25/09/17) di ruang kerjanya.

Untuk pelayanan, sambung Syaiful, tetap dilaksanakan di Kelurahan seperti pengambilan berkas yang telah didaftarkan masyarakat secara online.

“Jadi prinsifnya pelayanan ini tidak hanya cepat, tapi juga mempermudah masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Syaiful, SDM yang melayani juga akan diberikan pelatihan, agar pelayanan di Kelurahan persis seperti pelayanan di Bank.

“Yang kita harapkan pastinya, pengajuan kita ini disetujui dalam pembahasan perubahan anggaran nantinya, karena yang namanya peningkatan pelayanan ini tidak sedikit anggaran yang kita butuhkan, seandainya tidak disetujui kita akan coba ditahun depan,” terang Syaiful.

Oleh karena itu, dirinya mengharapkan pengajuan tersebut disetujui, agar dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Jadi masyarakat tidak perlu bolak balik lagi ke Kelurahan, cukup daftar lewat online dan pengambilannya langsung ke Kelurahan. Inilah maksudnya untuk mempermudah masyarakat dalam berurusan,” pungkasnya. (Nad)