Rapat KUA-PPAS 2018 Tanpa di Hadiri Forkompinda Sanggau

oleh
Bupati menyampaikan sambutan pada Rapat Paripurna KUA-PPAS Tahun Anggaran 2018 di DPRD Sanggau

SANGGAU – Rapat paripurna ke-15 masa persidangan ke-3 tahun sidang 2017, DPRD Kabupaten Sanggau membahas rancangan kebijakan umum APBD (KUA) dan PPAS Kabupaten Sanggau tahun 2018. Kegiatan yang berlangsung di lantai III gedung DPRD Sanggau, Senin (25/09/17) siang, tanpa dihadiri satupun unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda).

Kursi yang disediakan khusus untuk instansi vertikal itu terlihat sepi. Hanya diisi Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, AL Leysandri yang terlihat menyimak rapat paripurna. Sidang yang dipimpin Usman sebagai Wakil Ketua DPRD itu, hanya dihadiri Bupati Poalus Hadi dan sejumlah Anggota DPRD Sanggau serta sejumlah pimpinan OPD.

Dalam sambutannya, Bupati Paolus Hadi menyampaikan beberapa hal. Terkait pendapatan daerah, asumsi pendapatan yang dipakai dalam menyusun KUA-PPAS ini berpedoman pada Permendagri nomor 33 tahun 2017 tentang pedoman penyusunan anggaran pendapatan belanja daerah tahun anggaran 2018 yang didasarkan pada perkembangan pendapatan daerah dari tahun 2015 sampai dengan 2016 serta perkembangan pendapatan daerah tahun 2017.

Untuk target PAD tahun 2018, kata Bupati, sebagaimana sudah dibahas akan menjadi masukan dalam penyusunan APBD tahun anggaran 2018.

“Terkait komposisi belanja tidak langsung, besaran dari belanja langsung perlu disampaikan bahwa untuk saat ini posisi belanja tidak langsung masih tertinggi masih tertinggi dari belanja langsung dengan beberapa komponen belanja wajib seperti dana desa, tunjangan guru, tambahan penghasilan guru serta tunjangan sertifikasi guru yang harus dialokasikan pada belanja tidak langsung,” ungkapnya.

Sementara terkait masukan agar belanja modal ditingkatkan, Bupati mengaku sependapat. Dan ini sebagai masukan dari tim eksekutif dalam menyusun rancangan APBD tahun 2018.

“Usulan penambahan belanja hibah akan menjadi masukan dalam penyusunan APBD tahun 2018, dan tentu hal ini terkait dengan pendapatan yang final,” katanya.

Dari semua yang disampaikannya itu, Bupati berharap penyusuan APBD tahun anggaran 2018 bisa diselesaikan tepat waktu. Oleh karenanya Ia berharap kerjasama dan kerja keras semua pihak, termasuk tim eksekutif dan legislatif untuk menuntaskannya. (indra)