Polsek Batumandi Ciduk Pengedar Zenith

oleh
Barang bukti yang berhasil diamankan

PARINGIN –  Setelah Polsek Lampihong dan Juai mengamankan pelaku pengedar obat daftar G, kini giliran Polsek Batumandi menciduk pengedar obat yang marak beredar di masyarakat secara ilegal.

Pelaku berinisial NH, warga Desa Bungur, RT 04, Kecamatan Batumandi, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan itu, ditangkap jajaran Polsek Batumandi, dibantu Sat Reskrim Polres Balangan.

Menurut Kapolsek Batumandi, Iptu Rudianto, penangkapan NH bermula saat anggota Satuan Reserse Polsek Batumandi mendapatkan informasi dari masyarakat, jika pelaku sering mengedarkan obat-obatan terlarang. Mendapati laporan tersebut, pihaknya langsung menindak lanjutinya dengan melakukan penyelidikan.

“Setelah melakukan penyelidikan, pada 24 September 2017 sekitar jam 18.00 wita, Satuan Reserse Narkoba Polres Balangan dan Anggota Polsek Batumandi melaksanakan patroli di sekitar rumah tersangka,” tuturnya.

Saat patroli inilah, lanjut Rudi, pihaknya melihat seorang laki-laki yang mencurigakan di rumah NH. Kemudian laki-laki yang bernama S, langsung diamankan, karena ditemukan 6 butir Obat daftar G jenis Carnophen Zenith disaku celana sebelah kanan. Dari pengakuan S inilah, obat Zineth tersebut dibelinya dari NH.

“Mendengar pengakuan S, kami langsung melakukan penggeledahan ke rumah NH. Dari hasil pengeledahan ditemukan 103 butir obat Zineth dan uang Rp40.000,” jelasnya.

Selanjutnya, pelaku beserta barang bukti langsung diamankan di Polres Balangan guna penyidikan lebih lanjut.

Pelaku sendiri akan dikenakan Undang-Undang sediaan Farmasi dan atau alat kesehatan yang tidak memiliki ijin edar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 197 UU RI No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan dengan ancaman hukamannya, dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak Rp1.500.000.000 (satu miliar lima ratus juta rupiah. (Sugianoor)