Komisi III DPRD Kapuas Sesalkan Pimpinan OPD Tidak Hadir dalam Pembahasan KUA PPAS

oleh
ILustrasi

KUALA KAPUAS – Pembahasan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kabupaten Kapuas Tahun Anggaran 2017 berujung skorsing.

Hal itu sebagaimana yang disampaikan Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kunanto, kepada sejumlah awak media.

“Pagi ini (Senin-red), sebagaimana jadwal Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kapuas, kita melakukan rapat komisi bersama mitra kita untuk melakukan pembahasan KUA PPAS APBD Perubahan 2017,” ujar Kunanto, Senin (25/9/17).

Karena pimpinan OPD mitra Komisi III tidak hadir, sambungnya, maka pembahasan KUA PPAS APBD Perubahan 2017 dilakukan skorsing.

“Rapat pembahasan KUA PPAS kita skorsing hingga jam 13.00 WIB. Skorsing kita lakukan karena kepala OPD tidak hadir,” terang politikus Partai Nasional Demokrat (NasDem) itu.

Kemudian, lanjutnya, pihaknya sangat menyayangkan ketidakhadiran pimpinan OPD yang menjadi mitranya itu, karena pembahasan KUA PPAS ini sangat penting.

“Makanya tadi kita walkout. Karena pembahasan itu penting, yakni membahas program kerja OPD baik terjadi pergeseran maupun tambahan. Jadi harus dihadiri oleh kepala OPD itu sendiri,” tekannya.

Ditambahkan sekretaris Komisi III H A Zahidi, apabila rapat tersebut hanya sekretaris dan kepala bagian OPD saja yang hadir, maka dalam pengambilan kebijakan pelayanan publik yang menyangkut rakyat, hal tersebut dinilai tidak etis.

“Karena ini bukan perusahaan yang bisa diwakilkan, kecuali kepala dinasnya ada persoalan emergency, misalnya sakit. Lagi pula hal ini sudah terjadi berulang-ulang, ya dewan juga punya kehormatan. Ini lembaga negara/daerah bukan lembaga biasa,” ucapnya. (Nad)