Senator Kalteng Sosialisasikan 4 Konsensus Kebangsaan di SMAN 3 Kuala Kapuas

oleh
Senator Kalteng Ir H M Mawardi MM M Si menyampaikan sosialisasi empat konsensus kebangsaan nasionak kepada para pelajar SMAN 3 Kuala Kapuas

KUALA KAPUAS  – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Dapil Kalteng, Ir. H. M. Mawardi, MM, M.Si menggelar acara sosialisasi MPR tentang  empat  Konsensus Kebangsaan Nasional kepada ratusan siswa-siswi SMAN 3 Kuala Kapuas, Sabtu (23/09/17) di aula SMAN 3 Kapuas.

“Kita harapkan, generasi penerus bisa memahami tentang arti kebangsaan dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara. Jangan sampai mereka melupakan pondasi yang menjadikan adanya Negara ini yaitu empat Konsensus Nasional seperti Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika,“ ungap Senator Kalteng kepada sejumlah awak media.

Selain itu, para pelajar hendaknya selalu memahami dan mengenang sejarah perjuangan bangsa Indonesia, sehingga jangan sampai sejarah tersebut terlupakan dan terkikis akibat perkembangan jaman dan kemajuan tekhnologi.

“Jangan sampai anak-anak kita melupakan sejarah, apalagi sampai membeda-bedakan. Karena kita dari dulu sampai sekarang tetap harus menjunjung tinggi semboyan Bhineka Tunggal Ika. Selain itu dibalik perumus Pancasila, sebagian merupakan para tokoh-tokoh agama, jadi anak-anak harus memahami itu,” tegasnya.

Empat konsensus Kebangsaan Nasional tersebut, sambung H. M. Mawardi sangatlah penting, karena sebagai pondasi bagi setiap masyarakat termasuk para generasi muda dalam mempertahankan dan menjaga kedaulatan bangsa.

Karena lanjutnya, saat ini bangsa Indonesia sedang dilanda dengan berbagai macam persoalan, seperti masalah narkoba, koropsi dan paham radikal.

“Jangan sampai gara-gara ada kepentingan pihak tertentu dari luar yang ingin memecah belah bangsa, Negara ini hancur. Saya katakan, negara ini sumberdaya alamnya luar biasa, sehingga negara luar akan berusahan untuk menguasai,” tuturnya.

Cara menguasainya adalah dengan memecah belah bangsa ini, karena 45 tahun yang akan datang telah diperkirakan oleh para ilmuwan, bahwa negara-negara yang masih kuat ketahanan pangannya adalah negara Indonesia.

“Oleh karena itu, kita harus jaga dan pertahankan negara ini,” kata H M Mawardi.

Ia berharap, seluruh elemen masyarakat termasuk para pelajar agar terus menanamkan dan menjaga semangat nasionalisme dan patriotisme, dalam rangka untuk menjaga dan mempertahankan kedaulatan bangsa Indonesia.

“Sepanjang rasa kepedulian ini masih tertanam dibenak kita, maka kita yakin negara ini akan terus bertahan,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, perwakilan Kepala Sekolah SMAN 3 Kuala Kapuas, Fahri mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Senator Kalteng yang telah berkenan hadir dan memberikan sosialisasi tentang empat konsensus kebangsaan nasional.

“Kita menanggapi positif, dengan adanya kegiatan ini telah memberikan pencerahan serta semangat baru kepada anak-anak kita. Dan Ini merupakan pertama kalinya Anggota DPD RI kesini, kita sebagai guru pastinya merasa terbantu dan sangat mengucapkan banyak-banyak terimakasih,” pungkasnya. (MI)