Dua Rumah di Matang Lurus Terkena Longsor

oleh
Petugas kepolisian saat memeriksa kondisi rumah yang tertimpa longsor

PARINGIN – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, Sabtu (23/09/17) berakibat longsornya tanah di Desa Matang Lurus RT 03, Kecamatan Lampihong, dan menimpa dua buah rumah warga.

Beruntung tidak ada korban jiwa, karena kedua rumah tersebut hanya mengalami penurunan posisi rumah, khususnya bagian belakang rumah.

Menurut Kasi Kedaruratan Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, Muhammad Syuhada, kejadian longsor yang menimpa kedua rumah milik Abidin dan Abdul Said ini terjadi saat Sabtu malam sekitar pukul 19.30 Wita.

“Akibat hujan deras, terjadi pengikisan tanah di bantaran Sungai Batang Balangan, sehingga terjadi longsor sepenjang 50 meter dan menimpa dua rumah warga ini,” bebernya.

Untuk sementara, kata Syuhada, kondisi rumah masih aman karena hanya tanah di bagian belakang rumah yang terkena longsor, tapi pemilik rumah terus diingatkan untuk selalu waspada.

Pihaknya, juga menyarankan agar pemilik rumah untuk sementara tidak tinggal dirumah dan mengangkut barangnya sebelum ada perbaikan rumah.

“Sementara ini, pemilik rumah menolak pindah dan mengangkut barangnya,” tuturnya.

Pihaknya juga terus memonitor kondisi di desa ini, serta meminta warga terus waspada khususnya saat terjadi hujan deras, karena longsor bisa terjadi kembali. (Sugianoor)