Dewan Prihatin PAD kota Pontianak Menurun

oleh
Ilustrasi

PONTIANAK – Wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Pontianak Heri Mustamin mengaku prihatin Pendapatan Asli Daerah (PAD) lbukota Provinsi Kalimantan Barat itu semakin menurun.

“Artinya cenderung negatif sudah diambang menurun,” kata Heri Mustamin saat ditemui di gedung DPRD kota Pontianak, Sabtu (23/9/17). beberapa waktu lalu.

Untuk meningkatkan PAD munurut Politisi Partai Golkar itu, Pemerintah Kota Pontianak sudah seharusnya melakukan pemetaan atau zonanisasi yang lebih jelas.

“Misalnya hotel My Home masuk dalam zona apa, paling tidak kita minta ada terobosan regulasi berkaitan dengan itu, maka dari itu kita minta ada inovasi dari pemerintah kota,” harap Heri Mustamin.

Salah satu terobosan, kata dia, adalah dengan membuat tes register secara online pajak bagi hotel dan restoran yang ada.

“Dan nanti kalau berhasil maka semua kegiatan jasa dan pajak serta distribusi akan dilakukan sistem online yang dikelola oleh tenaga IT supaya tidak terjadi salah sangka dan fitnah,” jelas Heri.

Pada intinya, lanjutnya, sistem perpajakan hotel dan restoran tahun depan (2018,red) sudah harus berbasis online dan tidak ada lagi yang manual. (Paul)