Atlet PPLP Kalteng Boyong 3 Emas di Popnas

oleh

PALANGKA RAYA – Prestasi cukup membanggakan berhasil ditoreh atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Kalimantan Tengah, dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV/2017,  di Semarang, Jawa Tengah, pada 12-21 September lalu, dengan  3 emas dan 2 perak.

Dari 21 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan, Kalteng hanya mengikuti 10 cabor yakni dayung, panahan, sepak takraw,, tinju, pencak silat, gulat, atletik, tarung derajat, karate dan taekwondo.

“Jika dibanding dua tahun lalu, ada peningkatan luar biasa pada prestasi olahraga pelajar, karena waktu itu hanya masuk 22 besar nasional, sedangkan saat ini berada di peringkat 18. Perjuangan mereka sudah sangat maksimal,” ungkap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalteng, Suyanto, di Palangka Raya, Minggu (24/09/17).

Tiga emas tersebut disabet dari cabor dayung kayak 1 putra atas nama Irvan, tinju kelas 56 kilogram putra, diraih Didit Alpa Lonatap dan Dhimas Yoga, di cabor tinju kelas 60 kilogram putra. Sedangkan dua perak dipersembahkan Selvia Sari dan Saniariati dari dayung kayak 2, 100 meter putri atas dan gulat nomor gaya bebas kelas 46 kilogram putra atas Florentono Solverdi.

“Mudah-mudahan di ajang yang sama pada dua tahun mendatang, kita dapat menambah perolehan medali dan mengikuti cabor yang lebih banyak lagi, karena sebenarnya potensi cabor masih banyak peluang,” ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalteng, Maslin menambahkan, selama mendamping atlet pelajar bertanding di ajang Popnas, dirinya mengaku sangat bangga, melihat perlawanan sengit, yang sudah dilakukan para atlet usia muda ini.

“Walaupun kalah, tetapi kalah tipis. Bahkan Didit, dari cabor tinju, mendapat julukan si raja KO, karena setiap kemenangannya diraih dengan menang KO,” katanya.

Hal senada diungkapkan Pelatih Tinju, Pinten. Menurutnya perjuangan anak asuhnya sangat luar biasa. Dari 10 medali emas untuk cabor tinju, Kalteng berhasil menyabet dua medali emas, setelah Jawa Barat yang meraih 5 emas.

“Tapi kami tidak hanya puas sampai di sini saja. Ini sebagai acuan agar kedepan, tinju di Kalteng lebih bagus lagi. Dan berharap ada penambahan jumlah atlet yang dibina di PPLP,” pungkasnya. (TV)