Tingkatkan Pemahaman Generasi Muda Terhadap Wawasan Kebangsaan

oleh
Para pemuda

PONTIANAK –  Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Kalimantan Barat (Badko HMI Kalbar) menyelenggarakan Sarasehan Pemuda bertemakan, “Pemahaman Wawasan Kebangsaan Untuk Menjaga Ketahanan NKRI Pada Generasi Muda.” Sabtu (23/09/17).

Kegiatan yang diselenggarakan di Balai Pelestarian Nilai Budaya ini mengundang narasumber dari berbagai kalangan. Dr. Syarifah Ema Rahmaniah, M.Sc.Ed. dari kalangan akademisi, Budi Rahman, S.Sos. dari kalangan aktivis, dan Achmad Syahril, S.E. dari kalangan tokoh pemuda.

Sekretaris panitia, Najib Amrullah mengapresiasi para peserta, undangan, dan narasumber yang telah menghadiri acara tersebut.

“Terima kasih yang tidak terhingga kepada para peserta, undangan, dan narasumber yang telah berkenan menghadiri acara Sarasehan Pemuda yang diselenggarakan oleh Badko HMI Kalbar,” katanya.

Wakil Sekretaris Umum bidang Internal Badko HMI Kalbar, Bambang Sudarmono mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang pentingnya menjaga keutuhan NKRI.

“Generasi muda merupakan penopang dalam menjaga keutuhan NKRI. Hari ini, generasi muda harus merekatkan kesatuan dan persatuan untuk menjaga keutuhan bangsa,” ungkapnya.

Sementara Dr. Syarifah Ema Rahmaniah, M.Sc.Ed menyampaikan pesan kepada para peserta untuk ramah, menjadi pelopor, dan memiliki hati yang luas.

“Jadilah generasi muda yang ramah, bukan yang penuh amarah. Jadilah pelopor, bukan pengompor. Milikilah hati seluas samudera, jangan memecah belah,” tuturnya.

Senada dengan Ema, narasumber dari kalangan aktivis, Budi Rahman, S.Sos juga ikut membakar semangat generasi muda.

“Pemuda yang mengacak-acak dunia bukanlah pemuda yang biasa-biasa saja,” tegasnya.

Sekjen DPD KNPI Kalbar, Achmad Syahril, S.E yang juga menjadi narasumber pada kegiatan ini menuntut pemuda untuk selalu memacu diri dalam belajar.

“Belajarlah dengan giat, karena kualitas ilmumu bergantung perjuanganmu memeroleh ilmu,” ujarnya.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Ketua DPD KNPI Kalbar, Erry Iriansyah, S.T itu dihadiri oleh lebih dari 100 orang yang terdiri atas beberapa OKP dan institusi. Sejumlah pertanyaan dilempar peserta kepada narasumber pada sesi tanya jawab. Kegiatan ditutup dengan penyerahan plakat kepada narasumber. (Andi)