Balangan Peduli Sambangi Sekolah Terpencil

oleh
Balangan Peduli serahkan buku ke pihak sekolah

PARINGIN – Dalam rangka Program Seribu Buku Untuk Meratus, yang sedang dijalankan Organisasi Balangan Peduli, Sabtu (23/09/17), organisasi yang didominisasi pemuda tersebut mendatangi Sekolah Dasar Kecil (SDK) Sawang untuk menyerahkan 250 buah buku bacaan.

ksi Seribu Buku Untuk Meratus ini, merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk menyediakan bahan bacaan bagi anak-anak Meratus, agar wawasan cakrawala khazanah pengetahuan anak-anak pedalaman Meratus bisa terus meningkat.

Ketua Balangan Peduli, Rusdin Barhiwan mengungkapkan, kunjungannya ke SDK Sawang dalam rangka menyerahkan buku bacaan dari hasil donasi buku yang selama ini dikumpulkan.

Dipilihnya buku dan sekolah terpencil dalam kegiatan ini, kata Rusdin, karena buku merupakan hal terpenting pembuka jendela pengetahuan bagi anak-anak pedalaman Meratus. Apalagi, sekolah yang berada di pedalamanan ini masih kurang bahan bacaan berupa buku yang beragam.

“SDK Sawang merupakan sekolah pelosok pertama yang kami datangi untuk melaksanakan program Seribu Buku Untuk Meratus ini. Rencananya program ini akan kami laksanakan ke SDK-SDK lainnya, dimana ada 14 SDK yang ada di wilayah pedalaman Meratus yang tersebar di Kecamatan Halong dan Kecamatan Tebing Tinggi,” tuturnya.

Untuk aksi ini, lanjut dia, pihaknya menerapkan sistem pinjam pakai dalam Program Seribu Buku Untuk Meratus. Dan setiap 5-6 bulan sekali, buku yang ada akan diganti dengan yang baru. Dengan menerapkan sistem ‘rolling’ ini, maka secara bertahap diharapkan semua 14 SDK yang ada di pedalaman Meratus bisa dikunjungi dan mendapatkan buku bacaan.

“Ada 250 buah buku bacaan yang kami serahkan. Selain menyerahakan buku, kita juga menggelar Balangan Peduli berbagi denggan para murid lewat berbagai permainan edukasi dan menginsiparasi,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Balangan dan masyarakat lainnya yang tidak bisa disebut satu persatu, yang telah mendonasi buku. Ucapan terimakasih juga kepada pihak Gramedia Duta Mall Banjarmasin yang telah memberikan bantuan CSR Buku kepada Balangan Peduli, pihak STIKOM Balangan yang juga telah mendonasikan ratusan buku, dan juga kepada Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Balangan yang telah banyak membantu dan memberikan sumbangsih pemikiran serta ikut langsung dalam aksi ini.

Terakhir dirinya menyampaikan, program Seribu Buku Untuk Meratus ini merupakan sebuah wujud kepeduliaan bersama terhadap dunia pendidikan di Balangan, khususnya di kawasan Meratus, daerah pedalaman Kabupaten Balangan dan juga sebagai bentuk apresiasi terhadap semangat dan antusiasme anak-anak pengunungan Meratus, yang tanpa mengenal kata lelah turun-naik gunung untuk bersekolah.

“Kami memerlukan banyak buku lagi untu aksi ini. Jadi bagi masyarakat yang berada diluar Balangan bisa menghubungi melalui akun facebook Balangan Peduli dan Istagram Balangan Peduli atau langsung menghubungi di nomor 085345662222 untuk ikut mendonasikan buki,’’ ujarnya.

Terpisah Kepala SDK Sawang, Ponidi menyampaikan ungkapan terima kasih atas aksi yang dilakukan Balangan Peduli untuk membantu para siswanya dalam hal buku bacaan.

“Kami sangat kekurangan alat peraga dan buku bacaan, lewat kegiatan aksi ini sangat membantu kami. Semoga dengan adanya ratusan buku ini, bisa menambah semangat anak didik kami untuk terus bersekolah meskipun berada di pedalaman dan kadang sebagian harus berjalan kaki berjam-jam agar sampai di sekolah,” pungkasnya. (Sugianoor)