Kondisi Terminal Oplet Sungai Durian Memprihatinkan

oleh
Ilustrasi - Terminal Oplet . Foto : prokal.co

KUBU RAYA –  Keberadaan terminal Oplet Sungai Durian, Kecamatan Sungai Raya dan terminal oplet Soedarso di Kubu Raya, Kalimantan Barat, saat ini statusnya masih pinjam pakai dengan Kabupaten Mempawah sejak awal pemekaran Kabupaten Kubu Raya tahun 2007 dari Kabupaten Pontianak yang sekarang menjadi Kabupaten Mempawah.

Dengan status kedua terminal yang saat ini bukan merupakan aset milik pemda Kubu raya, maka wajar saja jika kondisi terminal yang masih digunakan ini kondisinya sangat memprihatinkan. Khususnya terminal Sungai Durian yang ada di Kecamatan Sungai Raya. Terminal ini terlihat begitu kumuh, bahkan beberapa bangunan banyak yang rusak dan tidak tidak terawat lagi. Dan Pemda Kubu Raya tidak dapat berbuat apa-apa karena status kedua aset tersebut.

Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengakui, saat ini ada beberapa aset di Kabupaten Kubu Raya yang statusnya masih pinjam pakai dengan Kabupaten Mempawah sejak awal pemekaran tahun 2007 silam.

“Kita tidak bisa berbuat apa-apa, karena akan melalui proses panjang untuk itu, apalagi hal itu berkaitan dengan hukum,” ungkap Rusman Ali.

Kendati demikian, Pemerintah Kubu Raya akan berusaha melakukan beberapa tahapan proses untuk status kedua terminal tersebut agar bisa menjadi aset Kubu Raya.

“Kita akan berusaha, sehingga kedepan tidak ada lagi aset-aset yang ada di Kubu raya ini statusnya masih pinjam pakai,” jelas Rusman Ali. (Fsl)