Forum Camat Sanggau Minta Jaksa Tangguhkan Penahanan Camat Beduai

oleh
Manggarap Siahaan

SANGGAU – Forum Camat Kabupaten Sanggau mendesak Kejaksaan Negeri Sanggau dan Kejaksaan Tinggi Kalbar menangguhkan penahanan mantan Camat Beduai berinisial AG yang ditahan oleh Kejaksaan Sanggau atas dugaan terlibat korupsi dana Desa beberapa waktu lalu.

Karena menurut forum camat, belum tentu AG bersalah karena telah merekomendasikan pencairan dana desa.

Menurut  mereka rekomendasi Camat itu bukan final, karena di dalam surat rekomendasi itu jelas tertulis bahwa rekomendasi itu dapat diberikan untuk pencairan tahan ke-2 dengan catatan-catatan sebagai berikut, dan sekaligus untuk dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

“Kalau melihat isi rekomendasi Camat, berarti di Kabupaten yang harus mempertimbangkannya, bukan Camatnya dan bukan Camatnya juga yang harus menjadi korban,” kata Anggota Forum Camat Kabupaten Sanggau, Mangaranap Siahaan yang juga adalah Camat Sekayam saat menggelar rapat kerja dengan Gubernur Kalbar, Bupati Sanggau, Kejaksaan Tinggi dan Polda Kalbar di Balai Betomu Sanggau belum lama ini.

Ia menegaskan bahwa leading sektor Pemerintahan Desa adalah BPM Pemdes dan merekalah yang seharusnya bertanggungjawab atas kasus dugaan korupsi dana desa, bukan Camat.

“Kami ini sepertinya dijadikan kelinci percobaan. Jadi tolong jangan dikorban Camat ini, Camat ini sudah banyak berkorban. Kewenangannya diberikan banyak-banyak tapi anggarannya tidak sesuai,” kata mantan Kasat Pol PP Sanggau itu.

Pada kesempatan itu, Ia memohon kepada Kejaksaan memberikan penangguhan penahanan kepada AG.

“Kami mohon atasnama Forum Camat se Kabupaten Sanggau mengajukan penangguhan penahanan terhadap saudara kami AG sebelum adanya keputusan hukum yang pasti,” pintanya. (Indra)