DPRD Kapuas Usulkan Organisasi Sosial Dapat Anggaran Pembinaan

oleh
Ilustrasi - Petugas pemadam kebakaran

KUALA KAPUAS – DPRD Kapuas, Kalimantan Tengah melalui ketua Komisi III mengusulkan agar organisasi yang bergerak di bidang sosial seperti Barisan Relawan Kebakaran (Balakar) mendapatkan anggaran pembinaan dan uang operasional.

Apalagi, organisasi tersebut memiliki rencana kerja (renja) yang jelas dan semua anggaran yang diberikan dapat dipertanggung jawabkan.

“Saya kira organisasi mana saja bisa mendapatkan anggaran pembinaan dan angaran operasional, dengan catatan organisasinya berbadan hukum yang jelas, dan memiliki renja yang bisa dipertanggung jawabkan,” ungkap Ketua Komisi III DPRD Kapuas, Kunanto, Jumat (22/09/17) usai RDP dengan BPBD dan Dinas Pemadam Kabupaten Kapuas.

Untuk itu, pihaknya berharap agar pemerintah dapat mengalokasikan anģaran berupa dana hibah yang akan dihibahkan kepada organisasi soaial seperti Balakar, sebab kiprah Balakar selama ini patut mendapat acungan jempol dan apresiasi.

Tidak hanya itu, Kumanto berharap agar pemerintah tidak tebang pilih dalam hal memberikan bantuan kepada organisasi sosial yang ada di Kabupaten Kapuas.

Dengan catatan, setiap organisasi yang mendapat batuan memiliki renja yang jelas dan dapat mempertanggungjawabkan anggran yang diberikan tersebut.

“Yang jelas saetiap organisasi sosial kemasyarakatan pasti membutuhkan anggaran untuk operasional, dan tidak mungkin organisasi harus mengeluarkan uang sendiri terus menerus untuk kegiatan sosialnya,” pungkas Kumanto. (Nad)