Sosialisasi Penggunaan Dana Relokasi di Tumbang Bunut

oleh
Petugas Dinas Sosial Kabupaten Gunung Mas saat mengadakan sosialisasi bantuan relokasi bagi warga di daerah rawan bencana banjir di Tumbang Bunut. Foto : Rol

KUALA KURUN – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melakukan sosialisasi penggunaan dana bantuan program relokasi daerah rawan bencana banjir untuk masyarakat di Desa Tumbang Bunut, Kecamatan Rungan di Kantor Desa setempat, Rabu (20/9/17).

Sebanyak 31 kepala keluarga yang memiliki rumah di lokasi rawan bencana banjir di Desa Tumbang Bunut mendapat bantuan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI). Nilai bantuan tersebut sebesar Rp 20 juta rupiah setiap Kepala Keluarga.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gumas, Drs. Budhy mengatakan, bantuan tersebut secara khusus digunakan untuk membeli Bahan Bangunan Rumah (BBR).

“Agar penggunaan bantuan tepat guna, maka Dinsos Kabupaten Gunung Mas melakukan sosialisasi ke 31 Kepala Keluarga di Desa Tumbang Bunut yang akan menerima bantuan dari Kemensos RI,” ungkapnya.

Selain itu, bantuan akan disalurkan secara dua tahap. Dana yang disalurkan pada masing-masing tahapan sebesar Rp 10 juta rupiah.

Jika bantuan tahap pertama sudah di realisasikan, maka baru dilakukan pencairan tahap kedua. Namun jika tidak terealisasi, maka pencairan tahap kedua tidak dapat dilakukan.

“Setiap pembelian bahan juga harus disertai dengan bukti berupa kwitansi NCR dan nota dari toko. Jadi masyarakat jangan sampai melupakan bukti pembelian berupa kwitansi NCR dan nota dari tempat mereka membeli BBR,” imbuhnya.

Nantinya, mereka akan dikoordinir ketua kelompok, Tagana, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM). Pendamping  tidak bisa berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau merangkap anggota yang direlokasi.

Dengan adanya pendampingan, diharapkan tidak terjadi penyalahgunaan dana bantuan, mengingat uang negara harus dipertanggungjawabkan.

Pada kesempatan ini, ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gungung Mas yang turut membantu sosialisasi di Desa Tumbang Bunut.

“Karena memberikan pemahaman yang mendalam tentang penggunaan dana tersebut. Tentu semua sangat terbantu, ” pungkasnya. (Rol)