Santri-santri di Kota Martapura Antusias Ikuti Pawai Taaruf

oleh
Ribua lebih peserta mengikuti pawai taruf untuk meriahkan tahun baru islam di Kota Martapura. Foto : Pri

MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan melaui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar mengadakan pawai taaruf pada acara tahunan 1 Muharam di halaman kantor Bupati Banjar.

Acara agenda rutin tahunan itu dihadiri oleh Bupati Banjar, H. Khalilurahman, Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Hj. Raudathul Wardiah Khalilurrahman beserta SOPD di ruang lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar, Santri dan Guru TK/TPA Al Qur’an pada Kamis (21/9/17).

Dalam pawai taaruf itu, tampak terlihat masyarakat Kabupaten Banjar berbondong-bondong menyaksikan acara 1 Muharram 1439 H. Sekitar enam ribu lebih anak santri TK Al Qur’an di kabupaten Banjar dengan berpakaian muslim ala Timur Tengah dan pakaian adat banjar yang turut meriahkan acara tahun baru islam itu.

Salah satu peserta, Sayyid Ali Zainal Abidin Al Qodri dari TAK/TP Al-Quran Arraudah Martapura, mengatakan kepada B-ONETV bahwa ia sangat senang sekali mengikuti acara pawai taaruf ini

“Saya sangat senang sekali dapat mengikuti acara pawai taaruf ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Nurmalinawati, santriwati yang turut mendampingi anaknya mengikuti acara pawai taaruf ini, mengatakan bahwa acara pawai taaruf kali sangat meriah, dan ia pun sangat senang karena dapat mengikuti acara ini bersama anaknya.

“Saya senang bisa mendampingi anak saya mengikuti acara pawai taaruf ini, semoga anak saya memahami makna dari acara tahun baru islam ini,” ungkapnya.

Acara tahun baru islam ini pun dimeriahkan tarian tradisional Sinoman Hadrah yang berasal dari Kampung  Melayu, Martapura dan Drum Band dari SMA Muhammadiyah, Martapura.

Dalam sambutannya, Bupati Banjar, KH. Khalilurrahman mengatakan, tahun baru hijriah sangat penting diperkenalkan kepada anak-anak agar mereka tahu tentang semangat kebersamaan umat islam dan mengenal tahun baru umat islam.

“Jangan sampai tahun baru masehi saja yang diperingati dengan meriah, namun seharusnya tahun baru hijriah lah yang diperingati umat islam dengan semangat,” ujar guru Khalil sapaan akrab Bupati Banjar.

Perayaan tahun baru islam ini pun disambut dengan antusias oleh masyarakat Kabupaten Banjar, terbukti ada enam ribu lebih santri yang mengikuti semaraknya tahun baru islam 1439 H kali ini.

“Mari kita menpaatkan momentum tahun baru islam dengan selalu meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT dan kecintaan kepada Baginda Rasullah SAW dengan menjalankan sunnahnya, agar Kabupaten Banjar lebih dikenal lagi sebagai Kota Serambi Mekkah serta meningkatkan kunjungan wisatawan  ke daerah kita,” ” tambah Bupati Banjar.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar, Haris Rifani mengatakan bahwa, kegiatan ini dilaksanakan dengan program kerja tahunan, dan kegiatan pawai taaruf kali ini diikuti oleh peserta dari Unit TK/TPA Al Qur’an se-Kabupaten Banjar, peserta yang mendaftar ada 149 kafilah pawai, dengan jumlah peserta dan pendamping  6.190 orang. (Pri)