Puluhan Alsintan Milik Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Masih Mangkrak

oleh
Alat Mesin Pertanian (Alsintan) milik Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas yang masih mangkrak. Foto : Nad

KUALA KAPUAS-Puluhan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) bantuan dari Kementrian Pertanian terlihat masih mangkrak di belakang kantor Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas.

Kondisi ini disayangkan oleh banyak kalangan dan menilai Alsintan tersebut menjadi mubazir dan terkesan seperti barang rongsokan.

Seperti yang diungkapkan Ketua JPKP Provinsi Kalimantan Tengah, Gatner Eka Tarung kepada B-ONETV, yang mengatakan jika barang berharga tersebut terkesan mubazir dan tidak bermanfaat seperti layaknya barang rongsokan.

“Sangat disayangkan memang barang yang memiliki nilai yang sangat mahal ini dibiarkan begitu saja, padahal barang tersebut sangat bermanfaat bagi petani, kenapa dibiarkan mangkrak dan tidak dimanfaatkan?,” Ungkap Gatner dengan nada bertanya pada Kamis (21/9/17) melalui telepon selulernya.

Akan lebih baik sambung Gatner jika Alsintan tersebut diserahkan kepada kelompok tani yang membutuhkannya dari pada dibiarkan mangkrak dan tidak bermanfaat.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Hanjono Bhakti melalui Kasi Pupuk, Pestisida dan Alsintan, Maya menjelaskan, bahwa Alsintan yang dibelakang tidak diperuntukan buat Kelompok Tani, tetapi milik Brigade Alsintan yg berarti pengelolaannya melalui Dinas Pertanian dan saat ini sedang diproses sesuai pedum dari Kementan RI.

“Alsintan tersebut tidak bisa dibagikan kepada Kelompok Tani sebab Alsintan tersebut merupakan milik Brigade dan pengelolaannya akan dilakukan oleh Dinas Pertanian sendiri,” papar Maya Kamis (21/9/17) ketika dihubungi B-ONETV melalui telepon selulernya. (Nad)